Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2024, 08:04 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS,com - Semut merupakan salah satu hama rumah tangga yang sering ada di rumah. Semut umumnya ditemukan di ruangan atau area yang banyak makanan seperti dapur, ruang makan, dan area lain. 

Kehadiran semut cukup mengganggu karena bisa membuat rumah kotor dan terkadang menyebabkan gatal-gatal di kulit. Maka dari itu, banyak pemilik rumah yang merasa kurang nyaman saat di rumahnya banyak semut. 

Baca juga: 5 Cara Membasmi Semut dari Dapur, Dijamin Enggak Muncul Lagi

Jika mengalami masalah tersebut, maka tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan bahan alami seperti soda kue untuk membasmi semut di rumah. 

Dikutip dari The Spruce, Sabtu (27/4/2024), berikut cara membasmi semut di rumah menggunakan soda kue. 

Benarkah soda kue bisa membasmi semut?

ilustrasi koloni semut di sudut rumahShutterstock/Cherkas ilustrasi koloni semut di sudut rumah

Menurut Nicole Carpenter, presiden Black Pest Prevention, mengatakan bahwa soda kue bukanlah obat yang paling efektif untuk membasmi semut. Sebab, soda kue akan efektif apabila semut langsung memakannya. 

James Agardy, pimpinan teknis dan pelatihan di Viking Pest Control, menerangkan bahwa saat semut memakan soda kue, maka soda kue akan bereaksi secara internal dan menghasilkan gas karbon dioksida. 

Baca juga: 4 Cara Membasmi Semut dari Stopkontak

Akan tetapi, Agardy mencatat bahwa soda kue saja tidak bisa menarik perhatian semut. Sebab, semut hanya akan tertarik pada makanan atau minuman manis dibandingkan soda kue yang sedikit asin. 

Maka dari itu, jika ingin membasmi semut dengan soda kue, perlu bahan tambahan yang rasanya manis seperti gula pasir. 

Cara membasmi semut di rumah dengan soda kue dan gula

Mencampurkan gula dengan soda kue lebih efektif dan efisien untuk membunuh semut. Caranya, campurkan soda kue dengan gula halus dengan perbandingan sama. 

Lalu, masukkan campuran dua bahan tersebut ke dalam stoples atau mangkuk, kemudian letakkan di tempat yang sering didatangi semut. 

Semut akan tertarik pada gula dan secara otomatis memakan gula yang sudah dicampur dengan soda kue. 

Baca juga: 6 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Semut dari Rumah

Campurkan soda kue dengan gula dan asam borat

Selain mencampurkan gula dengan soda kue, bahan lain seperti asam borat juga bisa dikombinasikan dengan soda kue dan gula untuk memusnahkan semut. 

Asam borat sangat beracun bagi semut, namun perlu diingat bahwa asam borat juga agak beracun bagi manusia dan hewan lain. Oleh karena itu, pastikan untuk menjauhkan asam borat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 

Ilustrasi semut, semut gula.SHUTTERSTOCK/RHJPHTOTOS Ilustrasi semut, semut gula.

Cara menggunakan soda kue dan asam borat untuk membunuh semut cukup dengan mencampurkan soda kue, asam borat, dan gula dengan perbandingan sama. 

Tuangkan bubuk tersebut ke dalam wadah yang dangkal seperti piring kecil. Lalu, letakkan di area yang sering dilalui semut. Gantilah umpan tersebut setelah satu atau dua minggu dan buang umpan setelah tidak ada lagi semut yang terperangkap.

Baca juga: Cara Membasmi Semut dari Dapur dan Ragam Tanda Serangannya

Selain menampung umpan di dalam piring kecil, cara membasmi semut di rumah juga bisa dengan menaburkan campuran soda kue, gula, dan asam borat di area yang sering dilalui semut. 

Namun, perlu diingat bahwa cara ini sebaiknya dilakukan untuk area luar ruangan yang jauh dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan. Jika semut belum kunjung hilang, maka sebaiknya taburkan kembali campuran bubuk tersebut di area yang sama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com