Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membasmi Lalat Buah dari Rumah dan Mencegahnya Muncul Lagi

Kompas.com - 29/04/2024, 07:05 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalat buah adalah serangga kecil yang sering ditemukan pada buah-buahan yang matang atau membusuk. 

Lalat buah juga kerap mendarat di sayuran yang membusuk dan cairan manis. Lalat buah dapat membawa kuman dan patogen dari makanan tersebut ke area lain yang menyebabkan potensi penyebaran penyakit. 

Baca juga: Cara Membuat Perangkap Lalat Buah di Rumah dengan Bahan Alami

Lalat buah memiliki siklus hidup yang cepat dan menghasilkan banyak keturunan dalam waktu singkat, bahkan lalat buah dewasa dapat bertelur hingga 2.000 telur sekaligus.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan populasi secara cepat jika tidak ditangani segera serta menimbulkan masalah lebih besar dalam waktu tertentu.

Menurut Jim Fredericks, ahli entomologi dan Wakil Peesiden Senior Urusan Masyarakat di National Pest Management Association (NPMA)--perusahaan pengendalian hama profesional di Amerika Serikat--lalat buah dewasa menaruh telur pada buah yang sangat matang dan larvanya memakan ragi buah.

Selain itu, lalat buah dapat mendeteksi aroma buah yang terfermentasi dari jarak jauh karena tubuh kecilnya memungkinkannya masuk ke rumah melalui celah sangat kecil. 

Kehadiran lalat buah di rumah tak hanya mengganggu, tapi juga mengotori dan membawa penyakit. 

Dikutip dari Martha Stewart, Senin, (29/4/2024), berikut cara membasmi lalat buah dari rumah dan mencegahnya kembali. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Lalat Buah di Dapur, Mudah Dilakukan

Membuat semprotan lalat buah

Timothy Wong, Direktur Teknis di MMPC–-layanan pengendalian hama di Amerika Serikat-- mengatakan untuk membuat semprotan lalat buah, menggunakan alkohol isopropil 91 persen terbilang lebih aman daripada pestisida yang dijual bebas.

Alkohol ini bisa membunuh lalat buah secara efektif tanpa memberikan risiko bahaya yang tinggi, seperti pestisida konvensional. 

Baca juga: Cara Mencegah dan Membasmi Lalat Buah di Rumah

Membuat perangkap lalat buah

Ilustrasi lalat buah.Shutterstock/Anne Webber Ilustrasi lalat buah.
Selanjutnya, cara membasmi lalat buah dari rumah adalah membuat perangkap menggunakan cuka sari apel. Perangkap ini dapat mengurangi populasi lalat buah di rumah. 

Caranya, tuangkan sedikit cuka sari apel ke dalam gelas, lalu tutup dengan bungkus plastik yang diberi karet gelang, dan lubangi plastik kecil-kecil agar lalat buah dapat masuk ke gelas, tetapi tidak bisa keluar setelah berada di dalamnya.

Cara lainnya, tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam gelas cuka sari apel yang terbuka. Sabun akan mengurangi tegangan permukaan cuka sehingga lalat buah akan tenggelam begitu masuk ke gelas dan tidak bisa keluar lagi.

Membeli perangkap lalat buah

Terakhir, cara membasmi lalat buah dari rumah adalah membeli perangkap lalat yang dapat ditemukan di internet atau di toko-toko.

Lalat buah tertarik pada potongan berwarna cerah yang diletakkan di permukaan perangkap. Ketika mendarat di permukaan lengket, lalat akan menempel pada lem dan tidak bisa terbang bebas lagi. 

Baca juga: Cara Membasmi Lalat Buah di Kamar Mandi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com