Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendekorasi Furnitur Kayu agar Tidak Terlihat Kuno

Kompas.com - 14/05/2024, 16:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur kayu bisa menambah karakteri di dalam ruangan. Furnitur kayu akan memberikan kesan hangat dan elegan. 

Namun, terkadang furnitur kayu terlihat kuno dan membosankan. Maka dari itu, furnitur kayu perlu didekorasi dengan apik agar terlihat tidak membosankan. 

Baca juga: Cara Merawat Furnitur Kayu yang Dicat Agar Tahan Lama

Dikutip dari dari Better Homes & Gardens, Selasa (14/5/2024), berikut sejumlah tips mendekorasi furnitur kayu yang bisa menjadi inspirasi. 

Padukan furnitur kayu dari berbagai era atau gaya

Ilustrasi ruang makan dengan furnitur kayuShutterstock/Jodie Johnson Ilustrasi ruang makan dengan furnitur kayu

Furnitur kayu cocok dipadukan dengan berbagai gaya desain interior. Misalnya, memadukan meja makan kayu dengan kursi bergaya abad pertengahan. 

Jangan ragu untuk memadukan furnitur kayu dari berbagai era atau gaya berbeda. Furnitur kayu dari berbagai era akan membuat tampilan ruangan terlihat lebih menarik. 

Baca juga: 5 Warna Tempat Tidur yang Cocok Dipadukan dengan Furnitur Kayu

Kombinasikan furnitur kayu dengan cat berwarna gelap

Di ruangan serba putih, furnitur kayu gelap akan terlihat kurang serasi. Sebaliknya, saat ditempatkan di ruangan gelap, furnitur kayu akan terlihat semakin menawan. 

Misalnya, di kamar tidur cobalah untuk memadukan furnitur kayu dengan dinding berwarna abu-abu untuk menciptakan ruangan yang nyaman. Lalu, tambahkan warna aksen putih agar ruangan tidak terlihat suram. 

Padukan furnitur kayu dengan berbagai waktu

Selanjutnya, tips mendekorasi furnitur kayu yaitu memadukan furnitur kayu dengan berbagai warna. Finishing furnitur kayu seringkali menampilkan rona dasar yang tampak seperti warna oranye, merah, atau cokelat. 

Untuk memperindah tampilan furnitur tersebut, sebaiknya hiasi furnitur kayu dengan warna yang menyerupai finishing furnitur. 

Baca juga: Cara Mengecat Furnitur Kayu tanpa Mengamplas Permukaan

Dekorasi furnitur kayu dengan aksen warna-warni

Gabungkan aksesori warna-warni untuk menunjukkan karakter pada furnitur kayu. Misalnya, meletakkan taplak meja di atas meja kayu atau menempatkan bantal di kursi kayu. 

Lampu meja dan vas bunga berwarna cerah juga bisa ditempatkan di atas furnitur kayu berwarna gelap, sehingga membuat tampilan furnitur terlihat lebih menarik. 

Ilustrasi ruang makan dengan furnitur kayu gelapShutterstock/Jodie Johnson Ilustrasi ruang makan dengan furnitur kayu gelap

Cat furnitur dengan warna segar

Jika tidak ingin melihat furnitur kayu berwarna gelap, maka warna segar bisa menjadi pilihan untuk menghias furnitur kayu. 

Namun, pastikan warna tersebut tetap memiliki rona netral agar terlihat menyatu dengan material kayu tradisional. 

Nah, itulah beberapa tips mendekorasi furnitur kayu. Dekorasi yang cantik akan membuat furnitur kayu terlihat lebih estetik dan nyaman.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com