Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2024, 15:03 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai kayu solid atau hardwood (lantai kayu keras) merupakan salah satu jenis lantai yang biasa digunakan pada hunian.

Berbeda dengan lantai kayu lainnya, lantai kayu solid memiliki ketahanan sangat baik karena terbuat dari kayu murni yang kuat, seperti kayu jati atau mahoni. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing dari Lantai Kayu

Tak hera, lantai kayu solid memiliki nilai ekonomi lebih tinggi dibanding jenis lantai kayu lainnya.

Selain itu, lantai kayu solid memiliki warna yang natural, yang cocok hampir di segala gaya atau desain rumah. Warna lantai ini juga menciptakan kesan yang nyaman dan mewah.

Mengingat nilai ekonominya yang tinggi, penting menjaga lantai kayu solid dalam keadaan bagus serta dapat bertahan lama.

Jika tidak dirawat baik, noda pada lantai kayu solid dapat membuat tampilannya kurang menarik.

Namun, penggunaan bahan kimia untuk membersihkan lantai kayu solid sebaiknya dihindari karena dapat merusaknya dari waktu ke waktu dan membuat kilaunya hilang. 

Baca juga: 5 Warna Lantai Kayu yang Membuat Ruangan Terasa Lebih Hangat

Seberapa sering membersihkan lantai kayu solid?

Ilustrasi lantai kayu solid di ruang keluarga.Shutterstock/Marko Poplasen Ilustrasi lantai kayu solid di ruang keluarga.
Lakukan membersihkan lantai kayu solid secara ringan beberapa kali seminggu. Kemudian pel lantai kayu solid sebulan sekali untuk membersihkan kayu secara mendalam dan membuatnya bersinar.

Untuk menghindari kerja ekstra, pilih waktu tepat membersihkan lantai kayu solid. Waktu terbaik saat rumah aepi, seperti saat semua anggota keluarga berada di luar rumah.

Witulski menyarankan pembersihan rutin secara cepat beberapa kali seminggu agar lantai tidak terlalu kotor. 

Melissa Witulski, Manajer Operasi Bisnis Merry Maids--perusahaan penyedia jasa pembersihan rumah asal Kanada--mengatakan cara terbaik membersihkan lantai kayu solid adalah menggunakan pel debu mikrofiber untuk menghilangkan debu, kotoran, dan partikel lain apa pun yang dibawa ke rumah Anda.

"Pel debu mikrofiber tidak akan menggores lantai seperti yang mungkin terjadi pada beberapa penyedot debu," kata Witulski. 

Membersihkan lantai kayu dapat menggunakan bahan alami yang ada di rumah, seperti cuka. Bahan ini dapat mengilaukan lantai kayu dan aman digunakan. 

Nah, dilansir dari Real Simple, Rabu (29/5/2024), berikut cara membersihkan lantai kayu solid dengan cuka. 

Baca juga: 9 Cara Memoles Ulang Lantai Kayu agar Tampak Baru

Cara membersihkan lantai kayu solid dengan cuka

  • Bersihkan serakan, kotoran, dan puing

Mulailah selalu membersihkan lantai kayu solid dengan membereskan barang-barang yang berantakan dan menyingkirkan barang-barang kecil dari lantai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com