Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Desain Rumah dan Cara Memperbaikinya

Kompas.com - 29/05/2024, 17:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendesain rumah merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Berbagai kreativitas bisa dituangkan saat mendesain rumah

Namun, bagi yang baru pertama kali mendesain rumah, mungkin ada beberapa kesalahan yang tidak sengaja dilakukan. 

Baca juga: 7 Kesalahan Desain Kamar Mandi Menurut Ahli

Setidaknya ada lima kesalahan yang sering dilakukan saat mendesain rumah. Dikutip dari Real Simple, Rabu (19/5/2024), berikut ini beberapa kesalahan desain rumah dan cara memperbaikinya. 

Memilih warna yang cat salah

Ilustrasi mengecat dindingSHUTTERSTOCK/VANOVASAIO Ilustrasi mengecat dinding

Jika mengecat seluruh ruangan dengan warna yang tidak tepat, maka rumah akan terlihat kurang menarik. 

Apabila sudah terlanjur melakukan kesalahan ini, maka langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu mengecat ulang ruangan dengan warna yang tepat. 

Baca juga: 5 Kesalahan Memilih Warna Cat Ruang Keluarga yang Harus Dihindari

Namun, sebelum melakukan pengecatan ulang, sebaiknya uji terlebih dahulu warna cat yang baru di area yang kecil. Lalu, lihat penampilan warna cat tersebut di pagi, siang, sore, dan malam hari untuk mengetahui tampilannya saat ada pencahayaan yang berbeda. 

Selain melakukan pengecatan ulang, cara lainnya yaitu dengan menutup dinding menggunakan karya seni berukuran besar, sehingga warna tidak lagi menjadi titik fokus di ruangan tersebut. 

Membeli barang mewah di rumah tradisional

Saat membeli perlengkapan rumah, sebaiknya sesuaikan dengan gaya dekorasi rumah. Jangan pernah membeli barang yang terlalu mewah untuk mengisi rumah tradisional karena hal tersebut membuat tampilan rumah tidak serasi. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Sofa Terlihat Lebih Mewah

Jika sudah terlanjur melakukannya, maka cobalah untuk menukarnya dengan barang yang sesuai dengan gaya rumah. Selain itu, bisa juga dengan menjualnya kembali. 

Akan tetapi, jika membeli barang berlapis kain seperti sofa, kepala tempat tidur, atau kursi, maka barang tersebut bisa dilapisi kembali. 

Membeli sofa yang terlalu besar

Kesalahan desain rumah lainnya yaitu membeli sofa yang ukurannya terlalu besar. Julee Ireland, seorang arsitek desain interior dan pendiri Home Renovation School, mengatakan jika terlanjur membeli sofa ukuran besar, maka cobalah untuk mengubah posisinya. 

Menurutnya, memindahkan sofa besar ke dinding terpanjang akan memberikan tampilan yang lebih menarik. 

Baca juga: 5 Warna Sofa yang Harus Dihindari di Rumah, Kenapa?

Selain itu, Ireland juga menyarankan untuk menambahkan cermin yang dapat menciptakan kedalaman lebih dan memantulkan cahaya di dalam ruangan tersebut. 

Meletakkan karpet di ruang tamu juga bisa menjadi pilihan karena akan membuat sofa berukuran besar terasa disengaja dan tidak terlalu membebani ruangan. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com