Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2024, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela menjadi bagian penting dari sebuah hunian. Jendela membuat sirkulasi udara di dalam rumah lebih lancar dan segar. 

Jendela juga berguna untuk menghubungkan lingkungan luar rumah dengan area di dalam rumah. Dengan adanya jendela, maka penghuni rumah bisa melihat pemandangan di luar rumah tanpa harus keluar rumah.

Sama seperti pintu, jendela juga bisa dibuat dari berbagai material, salah satunya kayu. Jendela kayu cukup banyak diminati karena membuat rumah lebih estetik. 

Baca juga: Jendela Kayu Vs Vinyl, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Selain itu, material alami juga membuat suasana rumah terasa hangat dan nyaman. Namun, sama seperti bagian rumah lainnya, jendela kayu juga perlu rutin dibersihkan. 

Dikutip dari Home Supply Window & Door, Rabu (15/5/2024), berikut ini cara membersihkan jendela kayu dengan benar. 

Bersihkan debu yang menempel

ilustrasi membersihkan jendelaShutterstock/cunaplus ilustrasi membersihkan jendela

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat membersihkan jendela kayu yaitu membersihkan debu menggunakan kain kering dan lembut. 

Pastikan semua bagian jendela terbebas dari debu dan kotoran kering yang menempel. Dengan membersihkan debu, maka proses berikutnya akan lebih mudah dan cepat.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Noda Cat yang Menempel pada Jendela Kayu Vinyl

Cek kondisi jendela

Setelah debu dibersihkan, luangkan waktu untuk mengecek kondisi jendela untuk memastikan tidak ada bagian jendela yang perlu diperbaiki. 

Jika ada bagian yang rusak, seperti retak atau terkelupas, maka sebaiknya perbaiki terlebih dahulu bagian yang rusak agar tidak semakin parah. 

Bersihkan bingkai jendela

Selanjutnya, cara membersihkan jendela kayu yaitu membersihkan bagian bingkai jendela. Gunakan detergen lembut, air hangat, dan kain atau spons untuk membersihkan area ini. 

Basahi kain atau spons dengan air sabun hangat, lalu peras sampai lembap. Selanjutnya, gunakan spons atau kain untuk membersihkan bingkai jendela. Setelah bersih, lap bingkai jendela dengan kain bersih agar tidak lembap. 

Baca juga: Cara Membersihkan Jendela agar Kembali Kinclong dan Bebas Goresan

Bersihkan kaca jendela

Setelah bingkai jendela bersih, tahap berikutnya yaitu mengelap kaca jendela. Campurkan cuka dengan air, lalu semprotkan ke area kaca. 

Gunakan kain mikrofiber atau koran untuk mengelap kaca. Setelah bersih, gunakan kain kering untuk mengeringkan kaca. 

Itulah cara membersihkan jendela kayu. Lakukan perawatan jendela dengan rutin agar lebih awet dan tetap terlihat estetik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com