Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Barang yang Harus Disingkirkan dari Dapur agar Terlihat Minimalis

Kompas.com - 15/05/2024, 19:07 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur bergaya minimalis banyak disukai karena memberikan kesan sederhana, namun tetap cantik. 

Meski dibuat sederhana, dapur minimalis tetap fungsional dan nyaman saat digunakan untuk beraktivitas. 

Baca juga: 5 Barang yang Harus Disingkirkan dari Dapur Saat Tamu Datang

Namun, untuk membuat dapur lebih minimalis, ada beberapa barang yang sebaiknya disingkirkan. Barang-barang tersebut biasanya tidak terlalu penting atau fungsinya bisa digantikan dengan barang lain. 

Dikutip dari Livingetc, Rabu (15/5/2024), berikut beberapa barang yang harus disingkirkan dari dapur agar terlihat minimalis. 

Tempat pisau berukuran besar

penyimpanan pisau di dapurShutterstock/Nataliia Karabin penyimpanan pisau di dapur

Tempat pisau berukuran besar akan memakan banyak ruang, sehingga kurang sesuai untuk dapur minimalis. 

Dibandingkan menyimpan pisau di tempat pisau, Julie dari The Precise Place, menyarankan untuk menyimpan pisau di dalam laci atau memanfaatkan ruang vertikal menggunakan strip pisau magnetis. 

Baca juga: 5 Barang yang Harus Disingkirkan dari Dapur agar Terasa Lebih Luas

Mesin pembuat roti

Selanjutnya, barang yang harus disingkirkan dari dapur yaitu mesin pembuat roti. Menurut Julie, mesin pembuat roti merupakan peralatan dapur berukuran besar yang akan menghabiskan banyak ruang. 

Selain itu, mesin pembuat roti juga tidak digunakan setiap hari, sehingga sebaiknya disingkirkan dari meja dapur dan disimpan dalam lemari bagian atas. 

Handuk piring

Di dapur biasanya terdapat handuk yang digantung. Handuk tersebut biasanya digunakan untuk mengelap piring atau perlengkapan dapur yang sudah dicuci. 

Jika membutuhkan handuk atau kain untuk mengelap piring maupun alat dapur lainnya, sebaiknya simpan kain tersebut di tempat yang tidak terlihat agar dapur tampak lebih bersih dan rapi. 

Baca juga: 4 Cara Praktis Membersihkan Lap Dapur yang Kotor dan Berminyak

Buku masak

Buku masak juga termasuk barang yang harus disingkirkan dari dapur. Adanya internet membuat buku masak sudah tidak fungsional. 

Bahkan, buku masak hanya akan mengumpulkan debu dan membuat dapur terlihat kotor. Jika ingin tetap memiliki buku masak, sebaiknya simpan di rak buku. 

Pemanggang roti dan microwave

Ilustrasi microwave.Shutterstock/New Africa Ilustrasi microwave.

Pemanggang roti dan microwave merupakan alat dapur yang ukurannya cukup besar, sehingga menyimpan alat masak ini membutuhkan banyak ruang. 

Namun, apabila membutuhkan pemanggang roti dan microwave untuk memasak setiap hari, maka sebaiknya samarkan penyimpanan dan tata letak alat tersebut agar dapur tetap terlihat bersih dan minimalis. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Tempat Terburuk untuk Meletakkan Microwave

Nah, itulah beberapa barang yang harus disingkirkan dari dapur agar terlihat minimalis. Dengan menyingkirkan atau menyembunyikan beberapa barang, maka dapur akan terlihat lebih bersih dan rapi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com