Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara agar Dapur Terlihat Lebih Luas Tanpa Renovasi

Kompas.com - 18/05/2024, 16:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dapur yang luas mungkin menjadi impian banyak orang. Sebab, dapur yang luas akan mempermudah aktivitas sehari-hari seperti memasak, makan bersama keluarga, dan aktivitas lain yang dapat dilakukan di dapur. 

Namun, jika memiliki dapur kecil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapur terlihat lebih luas tanpa melakukan renovasi total. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Dapur Terlihat Mewah

Dikutip dari Romanza Interior Design, Sabtu (18/5/2024), berikut beberapa cara agar dapur terlihat lebih luas dan lapang.

Hadirkan cahaya alami

Ilustrasi dapur dengan jendela besarShutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur dengan jendela besar

Salah satu cara agar dapur terlihat lebih luas yaitu dengan menghadirkan cahaya alami melalui jendela dapur. 

Jendela bisa memaksimalkan cahaya alami agar masuk ke dalam ruangan dan membuat ruangan lebih terang dan luas.

Baca juga: 5 Ide Desain Jendela Dapur, Bikin Ruangan Lebih Terang

Namun, jika cahaya alami yang masuk terlalu terik, tak ada salahnya untuk memasang tirai agar cahaya yang masuk tidak berlebihan. 

Selain itu, tirai atau gorden juga bisa menjaga privasi di dalam ruangan dan membuat dapur terlihat lebih cantik. 

Gabungkan beberapa warna putih

Selanjutnya, cara agar dapur terlihat lebih luas yaitu dengan menggabungkan beberapa warna putih sebagai dekorasi ruangan. 

Warna putih memiliki sifat reflektif cahaya yang sangat baik, sehingga cocok untuk dapur berukuran kecil. Padukan lemari putih dengan meja dan dinding putih agar dapur terlihat lebih cerah dan lapang. 

Baca juga: 4 Cara Memilih Warna Cat Putih yang Sempurna untuk Ruangan

Jangan ragu untuk menambahkan tekstur dan beberapa corak putih untuk menciptakan daya tarik. Saat memilih warna putih untuk menghias dapur, carilah warna yang lebih lembut untuk menghindari tampilan steril.

Buat backsplash dan meja dapur dari bahan yang sama

Gunakan backsplash dan meja dapur dari bahan yang sama untuk dapur sempit. Tampilan yang kohesif akan membuat dapur terlihat mulus dan bersih. 

Untuk menciptakan tampilan bersih, bisa dengan menggunakan material marmer yang terang atau gelap. Selain itu, minimalkan semua dekorasi dan detail lainnya agar tidak membebani ruangan. 

Baca juga: Ide Backsplash Dapur yang Cocok Dipadukan dengan Lemari Putih

ilustrasi backsplash dapur bersih dan kinclongShutterstock/Joseph Hendrickson ilustrasi backsplash dapur bersih dan kinclong

Pilih ubin backsplash yang memanjang

Berikutnya, cara agar dapur terlihat bersih yaitu memasang ubin backsplash yang memanjang, sehingga dapat dipasang secara horizontal. 

Ubin yang ukurannya cukup besar cocok untuk ruangan kecil karena garis natnya lebih sedikit. Sementara itu, jika menggunakan ubin kecil, maka tampilan dinding akan dipenuhi dengan garis nat yang kurang menarik. 

Pilihlah ubin yang memiliki lapisan metalik dan mengkilap. Finishing ubin yang mengkilap akan memaksimalkan pantulan cahaya yang memberikan ilusi ruangan lebih besar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com