Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pilihan Warna Cat yang Membuat Ruangan Kecil Terlihat Lebih Besar

Kompas.com - 18/05/2024, 17:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruangan sempit membuat mobilitas menjadi kurang nyaman. Apalagi jika di ruangan tersebut banyak barang-barang berukuran besar. 

Selain itu, ruangan sempit biasanya terasa pengap dan kurang menyenangkan. Namun, jika memiliki ruangan kecil di rumah, tidak perlu risau karena ada berbagai cara untuk membuat ruangan terasa lebih besar. 

Baca juga: 7 Warna Cat yang Menenangkan, Bikin Rumah Lebih Santai

Salah satunya yaitu dengan mengecat menggunakan warna yang tepat. Dikutip dari Romanza Interior Design, Sabtu (18/5/2024), berikut ini beberapa pilihan warna cat yang membuat ruangan kecil terlihat lebih besar. 

Biru tua

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna biru navy. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna biru navy.

Biru tua merupakan salah satu warna yang cocok untuk ruangan kecil. Warna ini bisa membuat ruangan kecil terlihat lebih besar. 

Warna biru tua bisa dipadukan dengan warna lain yang lebih terang agar ruangan tidak terlihat terlalu gelap dan murung. 

Baca juga: Warna yang Cocok untuk Kamar Mandi, Hijau hingga Biru Tua

Putih pucat

Putih pucat juga termasuk warna cat yang membuat ruangan kecil terlihat lebih besar. Warna ini membuat ruangan terlihat lebih terbuka dan cerah. 

Warna putih pucat cocok untuk ruangan yang sering digunakan untuk bersantai seperti ruang keluarga karena warna putih pucat bisa memberikan kesan tenang dan santai. 

Abu-abu gelap

Jika tidak suka dengan warna cerah seperti putih, maka warna gelap seperti abu-abu bisa menjadi pilihan untuk menghias ruangan kecil. 

Warna abu-abu gelap akan membuat ruangan terlihat lebih segar dan bersih. Warna abu-abu tua juga akan membuat ruangan terlihat elegan dan cantik. 

Baca juga: 6 Ide Kamar Tidur Berwarna Abu-abu, Cantik dan Minimalis

Biru pucat

Biru pucat juga cocok untuk ruangan kecil karena bisa membuat ruangan terasa lebih terbuka dan terang. Selain itu, warna biru pucat juga membuat ruangan terlihat lebih cantik, apalagi saat ada cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan. 

Jika dipadukan dengan warna terang lainnya seperti merah muda pucat atau putih, maka warna biru pucat akan memberikan kesan menenangkan. Maka dari itu, warna biru pucat cocok untuk menghias kamar tidur. 

Hijau muda

ilustrasi ruang tamu berwarna hijau mudaShutterstock/Pixel-Shot ilustrasi ruang tamu berwarna hijau muda

Berikutnya, warna cat yang cocok untuk ruangan kecil yaitu hijau muda. Warna cerah ini bisa menciptakan ruangan yang lebih terbuka. 

Selain itu, warna hijau muda juga bisa memberikan sentuhan modern di dalam ruangan. Warna ini cocok ditampilkan pada ruang keluarga karena akan memberikan kesan santai dan menyenangkan. 

Baca juga: 6 Ide Kamar Mandi Berwarna Hijau, Bikin Suasana Lebih Santai

Nah, itulah beberapa warna cat yang membuat ruangan kecil terasa lebih besar. Selain menggunakan warna cat yang tepat, penataan di ruangan kecil juga harus dilakukan dengan benar agar ruangan terasa lebih lapang dan terbuka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com