Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Cat Kamar Mandi yang Tidak Disarankan Para Desainer

Kompas.com - 22/05/2024, 20:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat untuk kamar mandi menjadi tantangan tersendiri. Sebab, kamar mandi harus terasa seperti di spa yang menenangkan. 

Namun, mengecat ruangan dengan warna yang salah bisa menimbulkan efek sebaliknya yang membuat kamar mandi terasa kurang nyaman dan membosankan. 

Baca juga: 5 Skema Warna Kamar Mandi Terbaik Menurut Desainer Interior

Ada berbagai pilihan warna yang bisa digunakan untuk menghias kamar mandi. Akan tetapi, ada juga warna yang tidak dianjurkan untuk mendekorasi kamar mandi. 

Dikutip dari Real Simple, Rabu (22/5/2024), berikut ini beberapa warna cat kamar mandi yang tidak disarankan para desainer. 

Ilustrasi keramik kamar mandi bernuansa cokelatSHUTTERSTOCK/ON_DEMAND_PHOTOS_UK Ilustrasi keramik kamar mandi bernuansa cokelat

Cokelat

Cat berwarna cokelat tidak dianjurkan untuk menghias kamar mandi. Sebab, warna ini bisa memberikan kesan kusam di kamar mandi. 

Kate Dawson, seorang desainer interior mengatakan warna cokelat yang gelap akan membuat kamar mandi terasa tertutup. 

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Mandi yang Harus Dihindari

Namun, bukan berarti warna ini tidak boleh digunakan sama sekali di kamar mandi.

Jika ingin menampilkan warna cokelat di kamar mandi, desainer merekomendasikan untuk menampilkan warna cokelat pada dekorasi kamar mandi. Jadi, warna cokelat hanya sebagai aksen bukan warna utama. 

Abu-abu

Selain cokelat, warna cat kamar mandi yang tidak disarankan para desainer yaitu abu-abu. Amy Switzer, seorang desainer interior mengatakan warna abu-abu bisa membuat kamar mandi terasa suram dan kurang menarik. 

Switzer juga mengingatkan untuk tidak menggunakan warna yang berbenturan dengan perlengkapan kamar mandi karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan visual. 

Baca juga: Mengapa Tren Kamar Mandi Abu-Abu Dianggap Sudah Ketinggalan Zaman?

Switzer menyarankan untuk memilih warna yang bisa mencerahkan ruangan dan membuat kamar mandi terasa lebih ramah. Jika ingin menggunakan warna netral, maka pilihlah warna krem mentega. 

Warna pastel

ilustrasi kamar mandi berwarna pink pastelShutterstock/Tanyawan Pensawat ilustrasi kamar mandi berwarna pink pastel

Warna pastel seperti merah muda dan lavender ternyata tidak disarankan untuk menghias kamar mandi. 

Switzer mengatakan warna pastel akan terlihat pudar dan suram. Warna pastel juga terkadang berbenturan dengan perlengkapan putih cerah, sehingga menciptakan tampilan yang tidak serasi atau terputus-putus. 

Namun, aturan ini tidak berlaku di kamar mandi anak. Warna pastel bisa tetap digunakan di kamar mandi anak untuk memberikan sedikit imajinasi dan sentuhan menarik. 

Baca juga: 8 Ide Warna Pastel untuk Dinding Rumah, Beri Nuansa Tenang dan Cantik

Warna cerah

Terakhir, warna cat kamar mandi yang tidak disarankan para desainer yaitu warna cerah seperti warna neon. 

Amy Wasserman, salah satu pendiri The Unoriginal Bathroom Company mengatakan warna cerah akan terlihat sangat berlebihan jika ditampilkan di ruangan kecil seperti kamar mandi. 

Dibandingkan menggunakan warna cerah, Wasserman lebih merekomendasikan menggunakan tekstur dan pola di wallpaper dan ubin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com