Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Skema Warna Kamar Mandi Terbaik Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 19/02/2024, 17:29 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber My Domaine


JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih skema warna yang tepat untuk kamar mandi merupakan langkah penting dalam menciptakan suasana yang menyenangkan dan estetis di dalam ruangan tersebut.

Setiap warna mampu menghadirkan suasana berbeda di dalam kamar mandi. Misalnya, skema warna biru bisa memberikan kesan tenang, sedangkan skema warna gelap membuat kamar mandi terlihat murung.

Baca juga: Intip, 5 Tren Warna Kamar Mandi 2024

Ada beberapa palet warna yang bisa dipilih untuk menghias kamar mandi. Dilansir dari My Domaine, Senin (19/2/2024), berikut ini skema warna kamar mandi terbaik menurut desainer interior.

Biru dan putih

Ilustrasi kamar mandi berwarna biruShutterstock/haveseen Ilustrasi kamar mandi berwarna biru

Salah satu skema warna yang cocok diterapkan di kamar mandi yaitu warna biru dan putih. Palet warna ini terinspirasi pemandangan pantai yang biru.

Greg Roth, desainer senior di Home Front Build, mengatakan warna biru bisa ditampilkan pada ubin bertekstur. Ubin warna biru bisa membuat ruangan terasa tenang dan nyaman.

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Kamar Mandi dengan Warna Biru

Untuk melengkapi warna biru dan putih, letakkan bak mandi besar yang dapat digunakan untuk berendam, sehingga kamar mandi terasa semakin nyaman seperti di spa.

Abu-abu dan kayu

Skema warna kamar mandi lainnya yaitu perpaduan warna abu-abu dan kayu. Skema warna netral ini cocok diterapkan pada kamar mandi bergaya Nordik dan Jepang.

Tania Casill dari Huit mengatakan bahwa warna kayu hangat dari lantai kayu ek cocok dipadukan dengan ubin semen bernuansa abu-abu yang sejuk dan menenangkan.

Dua warna ini terlihat kontras, namun bisa memberikan tampilan kamar mandi yang cantik dan nyaman.

Baca juga: 6 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Mandi Kecil, Cantik dan Nyaman

Abu-abu dan putih

Selain dikombinasikan dengan biru, warna putih juga bisa dipadukan dengan abu-abu. Warna abu-abu dan putih terinspirasi dari motif alami pada marmer dan batu alam lain.

Abu-abu dan putih bisa membuat kamar mandi terasa tenang dan menyenangkan. Warna netral tersebut bisa dipadukan dengan perlengkapan kamar mandi berwarna timah untuk memberikan sentuhan sejuk dan abadi.

Kuning dan abu-abu

ilustrasi dinding kamar mandi berwarna kuningShutterstock/Pixel-Shot ilustrasi dinding kamar mandi berwarna kuning

Kuning dan abu-abu juga bisa dipilih untuk menghias kamar mandi. Warna abu-abu bisa ditampilkan pada lantai kamar mandi yang terbuat dari batu.

Material batu membuat kamar mandi terasa alami. Padukan lantai batu abu-abu dengan karpet kuning untuk menambahkan kehangatan di ruangan tersebut.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Kamar Mandi dengan Warna Kuning

Hitam dan putih

Terakhir, skema warna kamar mandi terbaik yaitu hitam dan putih. Menurut seorang desainer interior bernama Stefani Stein, warna hitam pekat memberikan kesan chic pada ruangan dengan mudah dan cepat.

Warna hitam dan putih membuat kamar mandi terlihat tradisional, namun tetap cantik. Sebagai warna netral, hitam dan putih cocok dikombinasikan dengan berbagai warna maupun ornamen dekorasi yang dapat memperindah kamar mandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com