Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur tanpa Sinar Matahari

Kompas.com - 24/04/2024, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias menjadi salah satu elemen dekorasi favorit di dalam ruangan. 

Tanaman hias tidak hanya memberikan kesegaran, tapi juga mempercantik serta mencerahkan ruangan yang kusam. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Tempat Lembap

Sayangnya, tantangan merawat tanaman hias di dalam ruangan atau rumah sering kali kekurangan sinar matahari. Padahal, ini adalah sesuatu yang dibutuhkan sebagian besar tanaman untuk tumbuh serta bertahan hidup. 

Maka itu, lokasi meletakkan tanaman hias di dalam ruangan harus diperhatikan. Pilih lokasi yang mendapat sinar matahari dengan baik. 

Namun, jika ruangan memang tidak mendapat sinar matahari, Anda bisa memilih tanaman hias yang dapat tumbuh tanpa sinar matahari. 

Nah, dilansir dari Best Life Online, Rabu (24/4/2024), berikut sejumlah tanaman hias yang tumbuh subur tanpa sinar matahari

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

Tanaman ZZ

Ilustrasi tanaman ZZ atau ZZ plant (Zamioculcas zamiifolia). UNSPLASH/FEEY Ilustrasi tanaman ZZ atau ZZ plant (Zamioculcas zamiifolia).
Tanaman ZZ memiliki perawatanyang rendah, tidak perlu sering menyiramnya, serta memiliki daun tebal mengkilap yang kokoh dan cerah.

Lindsay Pangborn, pakar berkebun di Bloomscape, mengatakan tanaman ZZ juga dapat mentoleransi lingkungan dengan cahaya redup. 

“Tanaman ZZ akan tumbuh paling cepat dalam cahaya terang sedang hingga tidak langsung, tetapi dapat beradaptasi di tempat yang jauh dari jendela atau bawah lampu neon dengan memperlambat pertumbuhannya, tapi tetap subur dan hijau,” katanya.

Rebecca Sears, CMO dan warga hijau di Ferry-Morse, merekomendasikan memperhatikan daun tanaman ZZ.

Jika tanaman menguning, itu berarti tanaman ZZ mendapat penyiraman tsecara berlebihan. Namun, apabila tanaman rontok, Anda mungkin kurang menyiramnya.

“Penyiraman setiap satu hingga dua minggu biasanya sudah cukup, terutama jika tanaman tidak mendapat banyak sinar matahari,” ucap Sears. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Membawa Energi Positif di Pintu Depan Rumah

Lidah mertua 

Selanjutnya, tanaman hias yang tumbuh subur tanpa sinar matahari adalah lidah mertua. Lidah mertua dapat mentoleransi hampir semua kondisi di dalam ruangan.

“Tanaman ini memiliki daun dan akar tebal dan segar yang memungkinkannya menyimpan energi berlebih serta bertahan dalam jangka waktu lama, tapi tetap utuh dan hijau,” jelas Pangborn.

Tanaman lidah mertua sebaiknya hanya disiram setelah tanah benar-benar kering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com