Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Harus Dibersihkan di Akhir Pekan, Apa Saja?

Kompas.com - 28/04/2024, 14:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan rumah. Selain berguna untuk mengisi waktu luang, membersihkan rumah di akhir pekan juga membuat rumah lebih rapi dan cantik.

Kegiatan membersihkan rumah bisa dilakukan bersama keluarga, sehingga terasa lebih mudah dan menyenangkan. 

Dilansir dari Southern Living, Minggu (28/4/2024), berikut ini beberapa hal yang harus dibersihkan di akhir pekan agar rumah lebih rapi dan menarik. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Rumah secara Mendalam di Akhir Pekan

Bak mandi

Ilustrasi membersihkan bak mandiShutterstock/FotoDuets Ilustrasi membersihkan bak mandi

Bak mandi menjadi bagian rumah yang penting untuk dibersihkan setiap minggu. Stephanie Worinkeng, pendiri A Time to Organize, menyarankan untuk membersihkan bak mandi dengan sampo atau sabun mandi. 

Gunakan kain halus untuk menggosok seluruh bagian bak mandi. Setelah itu, bilas untuk membersihkan residu bahan pembersih. Sebaiknya tidak membersihkan bak mandi menggunakan bahan kimia keras karena bisa menyebabkan kerusakan. 

Penyedot debu

Penyedot debu juga menjadi hal yang harus dibersihkan di akhir pekan. Bongkar penyedot debu dan bersihkan komponen internal serta filter alat ini. 

Dengan rutin membersihkan penyedot debu, maka alat ini bisa bekerja dengan maksimal dan lebih tahan lama. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menggunakan Penyedot Debu

Kenop kompor

Kenop kompor menjadi bagian kompor yang paling sering disentuh saat memasak. Makanan dan kotoran juga banyak menumpuk di area tersebut. 

Gunakan kain mikrofiber, cuka putih, dan soda kue untuk membersihkan bagian ini. Jika kenop kompor bisa dilepas, masukkan ke dalam mangkuk berisi cuka dan biarkan kemop teredam selama beberapa menit. 

Apabila kompor memiliki banyak penumpukan noda, gunakan soda kue untuk membantu menghilangkan noda tersebut. Setelah kenop kompor bersih, keringkan dan pasang kembali ke tempatnya. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Karat di Kompor agar Kembali Kinclong

Lemari dapur

Ilustrasi membersihkan kitchen set, membersihkan lemari dapur.SHUTTERSTOCK/UNDREY Ilustrasi membersihkan kitchen set, membersihkan lemari dapur.

Lemari dapur sebaiknya dibersihkan seminggu sekali agar tampilan dapur selalu kinclong. Sebelum dibersihkan ambil semua piring, perkakas, dan makanan yang ada di lemari dapur. 

Lalu, gunakan semprotkan larutan cuka dan air di seluruh bagian lemari, kemudian gunakan kain mikrofiber untuk mengelap lemari dapur. 

Setelah itu, keringkan lemari dapur dan tata kembali barang-barang di dalam lemari. Kate Swenson, pendiri ORDER by Kate, menyarankan untuk menggunakan wadah atau label agar selalu mengetahui barang-barang yang dimiliki. 

Barang-barang seperti keranjang, tempat sampah bening, dan meja putar cocok digunakan di rak dapur. 

Baca juga: Cara Membersihkan Lemari Dapur Putih yang Menguning

Meja rias kamar mandi

Terakhir, hal yang harus dibersihkan di akhir pekan yaitu meja rias di kamar mandi. Steve Evans, pemilik Memphis Maids di Tennessee, menyarankan untuk mengatur perlengkapan mandi dan membersihkan meja rias. 

Jika ada barang di dalam laci atau lemari kayu, maka tambahkan satu tetes minyak esensial agar area tersebut lebih harum dan segar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com