Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Dekorasi Dapur Kecil, Bikin Ruangan Semakin Sempit

Kompas.com - 28/04/2024, 10:12 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi dapur berukuran kecil menjadi tantangan tersendiri. Meletakkan ornamen dekorasi yang tidak tepat akan membuat ruangan terasa penuh dan tidak nyaman. 

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mendekorasi dapur kecil. Akibatnya, dapur akan terasa semakin sempit dan membuat dapur terlihat kurang estetik. 

Dikutip dari Southern Living, Minggu (28/4/2024), berikut ini beberapa kesalahan dekorasi dapur kecil yang sebaiknya dihindari. 

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Membuat Dapur Minimalis yang Harus Dihindari

Meletakan segala hal di dapur

Ilustrasi desain dapur kecil, dapur sempit.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi desain dapur kecil, dapur sempit.

Jangan tergoda untuk meletakkan banyak barang dan dekorasi di dapur kecil karena bisa membuat dapur terlihat semakin sempit. 

Noel Pittman, dekorator Dallas, mengingatkan untuk tidak tergoda saat mendekorasi dapur sempit. Noel menyarankan untuk membuat dapur kecil terlihat sederhana dengan mengutamakan fungsi. 

Memilih wastafel kecil

Selanjutnya, kesalahan dekorasi dapur kecil yaitu memilih wastafel berukuran kecil. Meski dapur tidak luas, sebaiknya tidak memasang wastafel kecil. 

Menurut desainer Lauren Liess di Great Falls, Virginia, wastafel kecil akan membuat dapur terasa semakin sempit karena proses mencuci piring menjadi lebih sulit. 

Sebaiknya, gunakan meja kecil untuk wastafel yang besar, sehingga dapur lebih fungsional dan nyaman. 

Baca juga: 5 Cara Menata Area Wastafel Dapur agar Tampak Bersih dan Rapi

Menggunakan peralatan dapur yang ukurannya besar

Jean Liu, desainer Dallas, menyarankan untuk menggunakan alat dapur berukuran kecil. Dengan demikian, dapur tidak terasa sempit dan mengganggu mobilitas. 

Selain bisa hemat ruang, peralatan dapur berukuran kecil juga mudah dirawat. Misalnya, kulkas berukuran kecil lebih mudah dibersihkan dibandingkan kulkas berukuran besar. 

Menggunakan banyak lampu

Berikutnya, kesalahan dekorasi dapur kecil yaitu menggunakan banyak lampu. Meski membuat dapur lebih terang, lampu yang terlalu banyak juga membuat dapur terasa semakin sempit. 

Ilustrasi lampu dapurShutterstock/BM_27 Ilustrasi lampu dapur

Bo Massey dari Bohlert Massey Interior di Inlet Beach, Florida, menyarankan untuk menggunakan lampu tugas di dapur kecil untuk membuat dapur lebih terang tanpa membebani dekorasi ruangan. 

Baca juga: 5 Jenis Lampu Dapur yang Membuat Ruangan Lebih Terang

Menggunakan lemari dapur tinggi

Lemari dapur yang tinggi hingga menyentuh plafon sebaiknya tidak digunakan di dapur kecil. Andrea M. Taylor dari Andrea Marino Design, menyarankan untuk menggunakan rak. 

Rak bisa membuat langit-langit dapur terlihat lebih tinggi dan bisa menghemat ruang. Rak juga bisa membuat ruangan terasa lebih terbuka dan luas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com