Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dapur Kecil yang Cantik dan Fungsional

Kompas.com - 04/02/2024, 17:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi ruangan penting di dalam rumah. Maka dari itu, dapur harus ada di setiap rumah.

Selain mengutamakan fungsi, tampilan estetika dapur juga perlu diperhatikan. Sebab, dapur yang cantik dan menarik akan membawa kenyamanan tersendiri.

Baca juga: 5 Tips Membuat Dapur Kecil Terlihat Luas

Namun, membuat dapur kecil terlihat cantik dan menarik menjadi tantangan tersendiri. Ruangan yang terbatas membuat penataan dapur harus dilakukan dengan cermat agar dapur tetap rapi, fungsional, dan terasa luas.

Dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (4/2/2024), berikut ide dapur kecil yang cantik fungsional.

Manfaatkan ketinggian dinding dengan maksimal

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit. SHUTTERSTOCK/JANTSARIK Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.

Jika ruangan terbatas, maka ketinggian ruangan harus dimanfaatkan dengan maksimal. Grant Robertson, pemimpin desain interior IKEA UK & Irlandia menyarankan untuk menggunakan lemari dapur dengan ketinggian mendekati langit-langit dapur untuk memaksimalkan ruang penyimpanan.

Baca juga: 5 Gaya Lemari Dapur yang Bisa Menjadi Inspirasi

Bagian paling atas dari lemari ini bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Letakkan bangku atau tangga kecil di dekat lemari untuk mempermudah saat mengambil atau meletakkan barang di dalam lemari.

Memasang lemari di salah satu dinding

Jika ruangan sempit, maka salah satu ide dapur yang bisa dipilih yaitu memasang lemari di salah satu dinding. Penempatan lemari di salah satu area dinding membuat dapur kecil terlihat lebih besar.

Pilihlah desain lemari yang minimalis agar terlihat ramping dan menyatu dengan dinding. Untuk membuat lemari semakin menyatu, cat lemari menggunakan warna yang senada dengan cat dinding.

Baca juga: 5 Cara Membuat Lemari Dapur Terlihat Lebih Mahal

Pilih lemari dapur warna-warni

Lemari warna-warni akan membuat dapur terlihat lebih menarik. Namun, pastikan warna tersebut tidak membuat dapur terlihat kuno.

Pertimbangkan juga ruang penyimpanan pada lemari tersebut. Sebaiknya, pilih lemari yang memiliki banyak laci agar bisa digunakan untuk menyimpan banyak barang.

Gunakan tempat penyimpanan alternatif

Ilustrasi rak dapur terbuka.Shutterstock/Switlana Sonyashna Ilustrasi rak dapur terbuka.

Ide dapur kecil lainnya yaitu menggunakan tempat penyimpanan alternatif seperti rak dinding atau rak gantung untuk menyimpan bahan makanan maupun peralatan dapur.

Cara ini bisa membuat dapur terasa lebih luas dan tetap rapi. Selain itu, rak dapur membuat barang-barang lebih mudah dijangkau.

Namun, penting untuk diingat bahwa rak terbuka lebih mudah kotor terkena debu, sehingga perlu rutin dibersihkan.

Baca juga: 6 Cara Menata Rak Dapur agar Tampak Menarik dan Rapi

Pilih warna cerah

Dave Young dari dapur Husk mengatakan bawah warna berani seperti merah muda lembut, kuning, dan hijau zamrud bisa membuat dapur kecil terlihat lebih lapang.

Warna-warna tersebut cocok dikombinasikan dengan meja kontemporer seperti teraso atau bahan komposit lain. Padukan juga dengan ubin geometris agar tampilan ruangan terlihat lebih ramping dan modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com