Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Dapur dengan Warna Hitam yang Elegan dan Menawan

Kompas.com - 02/04/2024, 12:59 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur berwarna hitam bisa menciptakan kesan chic, berani, dan abadi. Dapur hitam bisa ditampilkan pada gaya desain apapun, mulai dari tradisional, rumah pertanian, modern, hingga minimalis. 

Hitam merupakan warna netral, sehingga bisa dipadukan dengan berbagai warna dan ornamen dekorasi apapun. Meski berwarna gelap, dapur hitam tetap terlihat cantik dan menarik apabila didekorasi dengan tepat. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Dapur dengan Warna Hitam Putih

Dilansir dari The Spruce, Selasa (2/4/2024), berikut beberapa ide dekorasi dapur dengan warna hitam yang elegan dan menawan. 

Dapur hitam tradisional

ilustrasi dapur berwarna hitamShutterstock/vanitjan ilustrasi dapur berwarna hitam

Dapur berwarna hitam bisa diterapkan pada rumah bergaya tradisional. Dapur hitam tradisional biasanya menggunakan kabinet atas dan bawah berwarna hitam pekat dengan kitchen island di bagian tengah. 

Sedangkan dinding dihias dengan cat berwarna putih dan aksen emas yang dapat menyeimbangkan kabinet berwarna hitam. Warna putih dan emas juga membuat dapur tetap terasa ringan. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Dapur Monokrom yang Cantik dan Menarik

Dekorasi dapur dengan warna arang

Jika warna hitam terlalu murung atau kurang disukai, maka warna arang bisa menjadi alternatif pilihan. Warna arang tua bisa digunakan untuk menghias dinding dan lemari. 

Warna arang tua membuat dinding dan lemari terlihat abu-abu atau hitam, tergantung pada pencahayaan yang mengenainya. 

Pada dapur berwarna arang, tambahkan sepasang sconce dinding untuk menambah pencahayaan di ruangan. 

Dapur hitam bergaya farmhouse

Selanjutnya, ide dekorasi dapur dengan warna hitam lainnya yaitu menerapkan gaya farmhouse. Misalnya, dengan memadukan lemari hitam, trim jendela, rak terbuka, dan langit-langit bertekstur. 

Sementara itu, backsplash bisa terbuat dari kayu alami dan lantai terbuat dari batu untuk membuat kesan farmhouse semakin terasa. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Dapur Bergaya Farmhouse, Cantik dan Menarik

Dapur bergaya industrial

Dapur berwarna hitam juga cocok diterapkan di rumah bergaya industrial. Dapur industrial berwarna hitam bisa dihias dengan nat berwarna abu-abu tua, bata ekspos, dan lampu gantung berwarna hitam. 

Padukan juga dengan perangkat keras kabinet berwarna perak dan perlengkapan pipa untuk hasil akhir yang lebih sejuk dan nyaman. 

Tampilkan hasil akhir matte dan mengkilap

dapur dengan dekorasi berwarna hitamShutterstock/Zivica Kerkez dapur dengan dekorasi berwarna hitam

Di dapur hitam, padukan finishing matte dan mengkilap untuk menambah variasi dan dimensi. Finishing matte bisa ditampilkan pada lemari dapur, sedangkan tampilan mengkilap bisa ditampilkan pada ubin backsplash

Untuk menambahkan kontras, lengkapi dapur dengan perlengkapan logam. Kombinasi finishing dan material logam membuat dapur terlihat semakin elegan. 

Baca juga: 5 Ide Dapur Mewah yang Menarik dan Fungsional

Pasang backsplash dari marmer

Terakhir, ide dekorasi dapur dengan warna hitam yaitu memasang backsplash marmer. Dapur hitam dengan backsplash dari marmer akan terlihat menarik dan dramatis. 

Selain itu, marmer juga membuat dapur terlihat lebih mewah dan elegan. Namun, untuk menjaga tampilan backsplash tetap menarik, lakukan perawatan dengan rutin dan tepat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com