Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Perubahan Kecil yang Membuat Ruang Tamu Lebih Nyaman

Kompas.com - 29/04/2024, 14:31 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat ruang tamu terasa nyaman merupakan sebuah keharusan. Sebab, ruangan ini digunakan untuk berbagai aktivitas, mulai dari menerima tamu, bekerja, berkumpul bersama keluarga, bermain, hingga bersantai. 

Untuk membuat ruang tamu terasa lebih nyaman sebenarnya tidak sulit. Bahkan dengan perombakan kecil saja sudah bisa mengubah suasana di dalam ruangan. 

Dikutip dari Apartment Therapy, Senin (29/4/2024), berikut ini beberapa perubahan kecil yang membuat ruang tamu lebih nyaman

Baca juga: 5 Tips agar Ruang Tamu Minim Perawatan

Tambahkan pencahayaan yang lembut

Ilustrasi lampu di ruang tamuSHUTTERSTOCK/EDVARD NALBANTJAN Ilustrasi lampu di ruang tamu

Sebaiknya, jangan gunakan lampu terang di atas kepala. Sebaiknya, gunakan banyak bola lampu hangat di ruang tamu. 

Valerie Helgeson, pendiri dan desainer utama di Design Directions, mengatakan lampu yang terang membuat ruang tamu terlalu silau. Jadi, sebaiknya hilangkan cahaya putih yang menyilaukan. 

Menurut Helgeson, lebih baik menggunakan bola lampu LED yang ramah lingkungan dengan warna putih lembut. 

Jangan lupa untuk menambahkan beberapa pencahayaan aksen seperti lampu meja, lampu lantai, sconce dinding, atau pencahayaan di bingkai foto. Dengan mematikan lampu besar dan menggunakan lampu kecil yang tersebar di seluruh ruangan, maka suasana ruangan akan terasa lebih nyaman. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Lampu Ruang Tamu

Menambahkan tekstur di dalam ruangan

Selanjutnya, perubahan kecil yang membuat ruang tamu lebih nyaman yaitu menambahkan tekstur di dalam ruangan.

Helgeson menyarankan untuk menambahkan bantal dengan isi bulu halus yang diletakkan di atas sofa. Kain bantal yang lembut membuat ruangan terasa lebih nyaman. 

Tambahkan karpet

Lantai tanpa karpet akan terasa dingin saat disentuh dan membuat ruangan terasa kurang nyaman. Laura Stein, pendiri dan desainer utama di Laura Stein Interiors, menyarankan untuk meletakkan karpet di atas lantai ruang tamu. 

Karpet yang halus dan hangat akan membuat ruangan terasa lebih nyaman. Pilihlah karpet berukuran besar, sehingga bisa menjangkau seluruh area lantai di ruangan tersebut. Karpet yang terlalu kecil justru bisa membuat ruangan terlihat kurang menarik. 

Baca juga: 4 Cara Meletakkan Karpet di Ruang Tamu

Tambahkan unsur alami

Ilustrasi tanaman dan dekorasi dari bahan alami di ruang tamu.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi tanaman dan dekorasi dari bahan alami di ruang tamu.

Jika menyukai tanaman, maka meletakkan tanaman hias di ruang tamu bisa menjadi salah satu cara untuk membuat ruang tamu terasa lebih nyaman. 

Selain tanaman, Stein juga merekomendasikan dekorasi dari kayu dengan warna dan rona yang hangat. Bahan alami lainnya seperti batu atau tanah liat juga bisa ditampilkan pada ruang tamu. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com