Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal Pertama yang Diperhatikan Tamu Pertama Kali di Kamar Mandi Anda

Kompas.com - 14/05/2024, 07:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan ruang terpenting di rumah. Tanpa kamar mandi, kehidupan sehari-hari di rumah dapat terhambat, seperti mandi, buanga air kecil dan besar, serta merawat diri. 

Kamar mandi tak hanya digunakan oleh anggota keluarga, tapi juga terkadang oleh tamu yang berkungung ke rumah Anda. 

Baca juga: 5 Ide Kamar Mandi Tradisional yang Menawan

Tak heran, tamu pun akan memperhatikan sejumlah hal yang ada di kamar mandi, seperti kondisi dan suasana. Hal ini bisa membuat tamu berpikir positif maupun negatif terhadap kamar mandi dan rumah Anda. 

Maka itu, penting menjaga kamar mandi tetap bersih, bebas kuman, tertata, serta memastikan benda dan permukaan dalam kondisi baik. 

Dilansir dari Best Life Online, Selasa (14/5/2024), berikut para ahli interior memberi tahu beberapa hal yang diperhatikan tamu pertama kali di kamar mandi

Baca juga: 6 Ide Kamar Mandi Berwarna Pink, Bikin Ruangan Lebih Cantik

Pencahayaan 

Ilustrasi kamar mandi berwarna putih yang bersih dan hangatUnsplash/@3dottawa Ilustrasi kamar mandi berwarna putih yang bersih dan hangat
Pencahayaan menjadi elemen penting di ruangan. termasuk kamar mandi. Dari tempat lilin dekoratif hingga pencahayaan tersembunyi yang mengatur suasana hati, pencahayaan ini menentukan keseluruhan suasana ruangan.

Yasmine El Sanyoura, perancang rumah di situs web real estate, Opendoor, mengatakan cahaya berperan besar dalam bagaimana tamu memandang rumah Anda. Apakah pencahayaan gelap dan suram atau lapang dan terang. 

Jika cahaya alami adalah pilihan bagi Anda, pastikan tirai terpasang selama kunjungan siang hari untuk membuat ruangan terasa hangat dan ramah (sampai tamu memili menutupnya karena alasan privasi," tambah El Sanyoura.

"Jika cahaya alami lebih sulit didapat di ruangan, pertimbangkan solusi pencahayaan, seperti peredup dan bola lampu dengan warna hangat,  agar bisa mengatur suasana yang cerah dan ceria serta meninggalkan kesan positif." 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Kamar Mandi Sederhana dan Cantik

Bau 

Selanjutnya, hal yang diperhatikan tamu pertama kali di kamar mandi adalah bau. Kamar mandi 

Bagaimanapun juga, ini adalah kamar mandi. Dan terserah Anda apakah baunya seperti sebotol pemutih atau spa yang tenang.

Tapi kita semua mungkin bisa sepakat bahwa Anda tidak ingin tamu Anda teringat dengan semua produk pembersih yang baru saja Anda gunakan dan di mana Anda menggunakannya.

"Tambahkan diffuser, lilin, atau sesuatu seperti pengharum ruangan Pura untuk memastikan aromanya ramah-terutama setelah sesi pembersihan yang intensif," saran El Sanyoura.

Jen Stark, pendiri Happy DIY Home, secara khusus merekomendasikan lilin beraroma bambu atau jeruk untuk memberikan aroma yang bersih dan menyegarkan pada ruangan. 

Baca juga: 5 Warna Kloset yang Membuat Kamar Mandi Lebih Cantik

Mengatasi kekacauan

ilustrasi kamar mandi dengan marmerShutterstock/Followtheflow ilustrasi kamar mandi dengan marmer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com