Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Laci Dapur dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 29/04/2024, 12:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Laci dapur menjadi salah satu bagian dapur yang mudah kotor dan berantakan. Sebab, laci dapur sering digunakan untuk menyimpan berbagai keperluan dapur seperti perlengkapan masak, bumbu-bumbu, bahan makanan, hingga alat makan. 

Jika tidak rutin dibersihkan dan dirapikan, maka dapur akan terlihat kacau dan kurang menarik. Tak hanya itu, laci dapur yang kotor dan berantakan juga membuat dapur terasa kurang nyaman saat digunakan. 

Baca juga: 5 Cara Menata Laci Dapur agar Rapi dan Teratur

Padahal, membersihkan laci dapur tidak sulit dan bisa dilakukan dalam waktu relatif singkat. Dikutip dari Homes and Gardens, Senin (29/4/2024), berikut ini cara membersihkan laci dapur dengan mudah. 

Keluarkan semua isinya

Ilustrasi barang yang disimpan di lemari dapurSHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi barang yang disimpan di lemari dapur

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat membersihkan laci dapur mengeluarkan barang-barang yang disimpan di dalam laci tersebut. 

Keluarkan semua barang yang disimpan di laci, lalu lakukan sortasi untuk memisahkan barang-barang yang masih bisa digunakan dan yang sudah tidak diperlukan. 

Jika ada bahan makanan yang sudah kadaluarsa, maka segeralah untuk membuang bahan makanan tersebut. 

Baca juga: 6 Cara Menata Lemari dan Laci Dapur

Vacuum dan bersihkan laci

Cara membersihkan laci dapur selanjutnya yaitu membersihkan kotoran dan remah-remah dalam laci. Gunakan penyedot debu untuk mempermudah membersihkan kotoran hingga ke sela-sela laci. 

Jika tidak memilih penyedot debu, maka laci bisa dibersihkan menggunakan sikat lembut dan kain mikrofiber. 

Bersihkan laci dengan air

Setelah debu, remah-remah, dan kotoran kering dibersihkan, langkah selanjutnya yaitu membersihkan laci menggunakan air sabun. Campurkan sabun dengan air hangat, lalu celupkan spons atau kain mikrofiber ke dalam air sabun. 

Peras sampai spons atau kain mikrofiber terasa lembap, kemudian gunakan untuk menyeka seluruh bagian laci sampai bersih. Setelah selesai, bilas dengan air dan lap menggunakan kain mikrofiber sampai kering. 

Baca juga: Cara Membersihkan Dapur dengan Cepat, Hanya 15 Menit

Biarkan laci kering

ilustrasi merapikan piring di laci dapurShutterstock/Damian Lugowski ilustrasi merapikan piring di laci dapur

Pastikan laci kering sempurna sebelum digunakan kembali. Sebab, kelembapan yang terperangkap di dalam laci bisa memicu pertumbuhan jamur dan menyebabkan laci bau apak serta cepat lapuk. 

Tak hanya itu, jamur yang muncul di dalam laci juga dapat merusak bahan makanan maupun perlengkapan dapur yang disimpan di dalam laci. 

Tata barang di dalam laci

Setelah cara membersihkan laci dapur selesai dilakukan, langkah terakhir yaitu menata kembali barang-barang di dalam laci. 

Tata barang-barang dengan rapi agar mudah ditemukan saat diperlukan. Pisahkan beberapa barang dengan sekat agar terlihat lebih rapi dan terorganisir. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com