Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2023, 10:24 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur yang teratur akan membantu melancarkan aktivitas memsak dan menyiapkan makanan. Karena itu, penting menjaga dapur tetap rapi.

Salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah laci dapur. Laci dapur yang penuh dan berantakan dapat membuat Anda kesulitan ketika mencari barang yang dibutuhkan saat memasak serta menyiapkan makanan.  

Untungnya, ada banyak cara membantu mengatur isi laci dapur. Berikut lima cara menata laci dapur dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: 5 Kesalahan Ini Bikin Laci Dapur Semakin Berantakan

Membuat rencana dan merapikan

Ilustrasi lemari dapur.Shutterstock/Serghei Starus Ilustrasi lemari dapur.
Meredith Goforth dari House of Prim membagikan rekomendasi pertama adalah memetakan dengan sengaja apa yang akan Anda taruh di setiap ruang sebelum menyesuaikan laci. 

Menurutnya, kesalahan umum yang dilakukan kliennya adalah membeli alat organizerkemudian memutuskan bagaimana cara mengisinya.

Kesalahan tersebut mengakibatkan terbuangnya ruang karena wadah yang terlalu besar untuk barang kecil atau kekacauan karena wadah terlalu penuh. 

Catherine McCord dari Wellicious mengatakan, setelah menyusun strategi, hal berikut yang harus dilakukan adalah merapikan barang-barang.

Ia menyarankan memeriksa semua barang yang disimpan di dalam laci. "Jika Anda belum pernah menggunakan sesuatu dalam setahun terakhir atau memiliki barang kembar, mungkin saatnya membuangnya," katanya.

Baca juga: 6 Cara Menata Lemari dan Laci Dapur

Kelompokkan berdasarkan kategori

Setelah mengetahui apa saja yang bisa disimpan, McCord menyarankan mengatur sisanya berdasarkan kategori.

"Aturan praktis saya adalah mencoba mengelompokkan barang-barang berdasarkan penggunaannya. Sendok dan cangkir takar serta sendok es krim di satu laci, sendok pengaduk, penjepit, spatula dan parutan di laci lainnya," katanya.

Ia menyarankan, jika memiliki laci besar, gunakan pembatas dan pengikat velcro sehingga memberikan lebih banyak ruang di laci.

Baca juga: 5 Kesalahan Menyimpan Barang di Laci Dapur

Berpikir strategis

Ilustrasi laci dapur.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi laci dapur.
McCord menyarankan berpikir secara strategis tentang di mana segala sesuatu harus diletakkan.

Ia menyarankan menyimpan sendok, spatula, penjepit, dan barang-barang lain yang paling sering digunakan di dekat kompor sehingga bisa memasak lebih cepat. Tempatkan barang-barang yang sering digunakan di tempat paling mudah diakses. 

Gunakan pembatas laci

Salah satu penyebab terbesar kekacauan lemari dapur adalah memasukkan barang tanpa ada keteraturan.

"Pembatas laci mungkin terlihat seperti mengambil ruang ekstra, tetapi membantu menghindari kekacauan dengan mengelompokkan barang-barang dan menjaga laci lebih menarik secara visual," kata McCord.

Baca juga: 7 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan Pakai Tisu Dapur, Apa Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com