Kompas.com - 14/04/2021, 15:36 WIB
Ilustrasi dapur sempit, ubin dinding dapur. SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEKIlustrasi dapur sempit, ubin dinding dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di bulan Ramadan, merapikan dan membersihkan dapur menjadi kegiatan yang harus sering dilakukan karena di area tersebut memiliki kegiatan yang cukup padat.

Namun, sebenarnya selain membersihkan area dapur setelah memasak, merapikan peralatan makan juga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Dengan melakukan hal ini, dapur Anda akan terlihat lebih bersih dan rapi.

Dilansir dari Home Beautiful, Rabu (14/4/2021), lebih dari sekadar preferensi pribadi, memiliki laci peralatan makan yang tertata rapi dapat meningkatkan atau merusak efisiensi Anda di dapur.

 

Baca juga: 10 Hal yang Tidak Perlu Dibersihkan dengan Tisu Dapur

Barang-barang yang kita gunakan berkali-kali dalam sehari semuanya dibuang, barang-barang penting hilang, rusak dan benar-benar berbahaya saat mereka menyatu dalam kekacauan.

Selain itu, ada beberapa kesalahan dalam meletakkan dan menata perlengkapan makan ini sehingga menjadi lebih berantakan. Apa saja kesalahan tersebut? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Diletakkan bersamaan

Ketika semua peralatan makan diletakkan bersamaan akan menimbulkan kekacauan dan area dapur akan terlihat lebih berantakan.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan laci untuk meletakkan peralatan makan ini dengan pengelompokan yang rapi.

Baca juga: Bumbu Dapur Ini Mampu Singkirkan Serangga di Rumah

2. Terlalu banyak perkakas

Agar laci terlihat lebih rapi, sortir alat makan dan perkakas. Terlalu banyak perkakas akan membuat laci menjadi lebih berantakan.

Pikirkan mana yang masih terpakai dan mana yang sudah harus dibuang. Jika sudah disortir, letakkan sesuai dengan kegunaan, bagian paling depan yang sering digunakan dan paling belakang yang jarang digunakan.

3. Tata letak membingungkan

Pisau, garpu, sendok dari kiri ke kanan, atau dari kanan ke kiri? Rapikan semuanya menjadi satu arah (jika Anda meletakkannya di laci) sehingga terlihat lebih teratur.

Memang tidak ada aturan yang pasti tentang meletakkan posisi peralatan makan ini, namun ketika diletakkan lebih teratur akan lebih rapi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X