Kompas.com - 14/04/2021, 14:18 WIB
Ilustrasi tisu menyerap cairan pada wajan. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi tisu menyerap cairan pada wajan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tisu dapur atau paper towel merupakan salah satu benda yang berguna sebagai penyerap sekali pakai yang terbuat dari bahan kertas.

Benda ini biasanya sering kamu lihat atau dapatkan di dekat wastafel toilet umum, sebagai pengganti pengering tangan (hand dryer) untuk mengeringkan tangan sehabis mencuci tangan.

Jika kamu adalah seseorang yang biasa menggunakannya di rumah, maka ketahui bahwa handuk kertas bukan berarti bisa digunakan untuk hal apa saja dalam urusan membersihkan sesuatu.

Baca juga: Manfaat Lain Tisu Dapur yang Mungkin Tak Kamu Duga

Dilansir dari Reader's Digest, Rabu (14/4/2021), berikut ini 10 hal yang tidak harus kamu bersihkan menggunakan tisu dapur

1. Noda di karpet

Tanpa sengaja menumpahkan noda minuman di karpet? Jangan meraih tisu dapur untuk mengatasinya.

“Menyeka tumpahan atau menggosok noda dengan tisu dapur akan meninggalkan residu kertas pada karpet, dan tidak membersihkan secara menyeluruh,” kata Deretta Richards, pemimpin kru untuk Housekeeping Associates of Ann Arbor, Michigan.

Sebaliknya, gunakan kain bersih dan kering untuk menyerap tumpahan, biarkan area tumpahan yang basah pada karpet mengering, lalu vakum.

Baca juga: 6 Benda di Rumah yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Tisu

Ada masalah lain dalam menggunakan tisu dapur di karpetmu, kata pembersih profesional Olivia Monash dari Fantastic Services Group di Australia.

“Mengikis noda akan membuat serat masuk jauh ke dalam serat, dan akan sulit untuk menyedot debu setelahnya,” jelasnya.

Yang sebaiknya digunakan menurut Monash adalah menggunakan spons. Pendekatan yang lebih lembut ini tidak hanya akan membantumu membersihkan karpet, tetapi juga akan menjaganya tetap dalam kondisi prima dalam jangka panjang.

2. Bak mandi

Berpikirlah dua kali sebelum mengambil tisu dapur untuk menghilangkan residu noda sabun dari wastafel, pancuran, atau bak mandi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X