Tempat Terbaik untuk Menanam Timun Suri, Cocok di Dataran Tinggi

Kompas.com - 14/04/2021, 10:10 WIB
Petani memanen timun suri di Kunciran, Tangerang, Banten, Senin (21/05/2018). Timun suri menjadi salah satu buah favorit yang dijadikan bahan minuman untuk menu berbuka puasa. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPetani memanen timun suri di Kunciran, Tangerang, Banten, Senin (21/05/2018). Timun suri menjadi salah satu buah favorit yang dijadikan bahan minuman untuk menu berbuka puasa.

KOMPAS.com - Timun suri merupakan buah yang banyak dicari selama bulan puasa tiba. Tanaman buah ini sangat baik untuk tumbuh di kawasan dataran tinggi.

"Timun suri biasanya tumbuh di dataran tinggi, sekitar 600 hingga 1200 meter di atas permukaan laut," kata Deden Derajat Matra, Dosen Agronomi dan Hortikultura saat dihubungi oleh Kompas.com pada Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Tips Pilih Menu Buka Puasa dan Sahur dari Dokter Gizi

Untuk mendapatkan bentuk buah dan kandungan nutrisi yang sempurna, timun suri sangat bagus untuk tumbuh di dataran tinggi, namun saat ini timun suri juga bisa ditanam di dataran rendah.

"Sekarang sudah banyak dikembangkan timun suri yang memang dia bisa ditanam di dataran rendah," tutur Deden.

Namun, buah yang dihasilkan pada dataran rendah tidak sebaik timun suri yang dihasilkan dari dataran tinggi.

Baca juga: Resep Lumpia Isi Sarden, Bisa Jadi Lauk atau Camilan Buka Puasa

Saat timun suri ditanam di dataran rendah, kualitas buah yang dihasilkan tidak sebagus pada timun suri yang dihasilkan dari dataran tinggi.

Tingkat kemanisan pada timun suri juga akan berkurang.

Selain itu, timun suri yang tumbuh pada dataran rendah akan rentan terhadap penyakit buah yang akan timbul pada timun suri.

Untuk menangani hal tersebut, diperlukan kandungan pestisida yang lebih banyak saat menanam timun suri di dataran rendah.

Baca juga: Resep Nugget Wortel Keju Lumer, Makanan Buka Puasa Anak

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X