Kompas.com - 14/04/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi menyempotkan pupuk cair ke tanaman, memberi pupuk. SHUTTERSTOCK/KUZNETSOV DMITRIYIlustrasi menyempotkan pupuk cair ke tanaman, memberi pupuk.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias indoor atau tanaman hias dalam ruangan memberikan nuansa hijau di dalam rumah Anda. Ini terutama jika Anda tidak memiliki akses ke halaman rumah atau area luar ruangan yang memadai.

Tanaman hias indoor tidak hanya menambahkan banyak warna dan kehidupan ke sebuah ruangan, tetapi juga menawarkan dekorasi rumah yang indah dan menawan.

Dalam merawat tanaman hias indoor, ada suatu hal yang penting untuk diingat. Karena tanaman hias tersebut hidup di dalam pot, maka tidak memiliki aliran nutrisi yang datang secara konstan dari tanah.

Baca juga: 6 Pilihan Pupuk untuk Tanaman Bunga, Tidak Cuma Pupuk NPK

Seiring waktu, nutrisi dalam tanah pot akan habis dan tanaman hias indoor Anda bisa menderita. Untuk membantunya tumbuh dengan baik, tanaman hias indoor juga harus diberi pupuk.

Dilansir dari Real Simple, Rabu (14/4/2021), berikut panduan memberi pupuk pada tanaman hias indoor.

Jenis pupuk yang sebaiknya digunakan

Tidak semua pupuk diciptakan sama, pada kenyataannya, tidak sedikit pemilik tanaman hias menggunakan jenis yang salah atau terlalu banyak pupuk dan membunuh tanaman hias.

"Kadang-kadang, jenis tertentu atau metode pengiriman yang salah bisa terlalu merugikan tanaman," kata Patrick Hillman, penggemar tanaman dan pemilik Buzz and Thrive Gardens.

Baca juga: Apa Arti Rangkaian Tiga Angka di Pupuk NPK? Ini Penjelasannya

"Saya memberi tahu pelanggan saya untuk menggunakan pupuk yang larut dalam air, khususnya pupuk emulsi ikan yang kaya. Apa pun yang organik akan memberi makan lebih lama daripada pupuk kimia," ujar Hillman.

Cara memberi pupuk

Ini lebih mudah dari yang Anda pikirkan, tetapi apa pun yang Anda lakukan, jangan langsung menuangkan pupuk ke pot tanaman. Hillman merekomendasikan untuk mengencerkan pupuk dengan perbandingan seperempat sampai setengah sendok teh pupuk per galon air.

"Saya memberitahu orang-orang untuk mengencerkannya sedikit lebih banyak daripada yang dikatakan kemasannya agar aman," terang Hillman.

Tips lainnya adalah menyirami tanaman hias sebelum memupuknya. Ini membuat pupuk tidak membakar akar, dan tanah yang lembab membantu pupuk menyerap lebih baik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X