Kompas.com - 14/04/2021, 11:59 WIB
Ilustrasi tanaman lidah buaya. PIXABAY/JASON GOHIlustrasi tanaman lidah buaya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menjalankan ibadah puasa, tidak sedikit orang seperti dihantui oleh rasa lemas dan konsentrasi yang berkurang pada otak.

Pada saat berpuasa, organ lambung dan otak disebut mengalami perubahan saat asupan tidak masuk, sehingga rasa lapar dan kurang konsentrasi bisa muncul pada seseorang.

Khusus untuk otak, perubahannya tidak signifikan, karena fungsinya masih tetap sama seperti kinerja otak saat tidak berpuasa.

Baca juga: Tanaman Hias Indoor Harus Diberi Pupuk, Ini Panduannya

Oleh sebab itu, saat berpuasa kamu tetap perlu menjaga kesehatan otak agar bisa tetap konsentrasi, salah satu caranya adalah mendapatkan suplai oksigen yang baik.

Oksigen sendiri sangat dibutuhkan otak agar dapat menjalankan fungsinya. Apabila ketersediaan oksigen berkurang, hal itu dapat memiliki dampak negatif pada fungsi otak.

Untuk menghasilkan oksigen lebih banyak sehingga melancarkan kegiatan puasamu, di bawah ini terdapat 10 tanaman penghasil oksigen yang bisa kamu koleksi di rumah, dilansir beberapa sumber, Rabu (14/4/2021).

1. Lidah buaya

Succulent abadi seperti lidah buaya dikenal baik untuk kulitmu. Ia sering dikenal sebagai tanaman ajaib karena memiliki banyak manfaat medis dan merupakan ramuan pengobatan yang terkenal.

Baca juga: Segala Macam Hal yang Perlu Diketahui Tentang Tanaman Bromelia

Ini adalah tanaman yang sangat baik untuk memurnikan udara, karena menghilangkan benzena dan formaldehida dari udara.

Lidah buaya juga dikenal untuk melepaskan oksigen di malam hari. Ini adalah tanaman dalam ruangan yang sangat baik untuk oksigen.

Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.UNSPLASH/SEVERIN CANDRIAN Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.

2. Sirih gading

Tanaman dedaunan yang indah dan hidup, sirih gading atau pothos sangat mudah dirawat. Ini adalah tanaman yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah.

Sirih gading dikenal karena mengeluarkan racun dari udara seperti formaldehida, benzena dan karbon monoksida.

Baca juga: Udara di Dalam Rumah Kering? Letakkan 5 Tanaman Hias Ini

Ini adalah tanaman dalam ruangan yang mengagumkan untuk oksigen dan melepaskan oksigen di malam hari.

3. Lili paris

Lili paris atau tanaman laba-laba adalah salah satu tanaman dalam ruangan termudah untuk tumbuh.

Lili paris dikenal dapat meningkatkan kualitas udara dengan menyaring karbon monoksida, formaldehida, dan benzena. Ini adalah tanaman dalam ruangan yang luar biasa untuk oksigen.

Ia juga dikenal karena menyebarkan getaran bahagia dan membantu mengatasi kecemasan dan stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X