Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dapur Luar Ruangan yang Estetik dan Fungsional

Kompas.com - 24/04/2024, 18:57 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Decora Id

JAKARTA. KOMPAS.com - Dahulu, dapur hanya digunakan untuk memasak dan menyiapkan makanan. Akan tetapi, saat ini dapur sudah bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti berkumpul bersama keluarga, bersantai, hingga bekerja. 

Dapur tidak harus berada di dalam rumah. Dapur juga bisa dibuat di luar ruangan, sehingga membuat suasana dapur terasa berbeda. 

Baca juga: 6 Ide Dapur Japandi yang Bisa Menjadi Inspirasi

Dapur di luar ruangan biasanya dibuat di halaman belakang rumah yang membuat hunian terlihat unik dan menarik. 

Dikutip dari Decora Id, Rabu (24/4/2024), berikut beberapa ide dapur luar ruangan yang cantik dan estetik. 

Buat meja bar

ilustrasi dapur dan ruang makan di luar ruanganShutterstock/Ozgur Coskun ilustrasi dapur dan ruang makan di luar ruangan

Salah satu desain dapur luar ruangan yang paling umum yaitu membuat meja bar yang membuat suasana dapur terasa lebih menyenangkan. 

Meja bar bisa dilengkapi tempat duduk yang membuat area tersebut bisa digunakan untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga dan teman. 

Baca juga: Mini Bar, Solusi Dekorasi Dapur Sempit dan Cantik

Tambahkan ruang makan yang cantik

Selain digunakan untuk memasak, dapur luar ruangan juga bisa menjadi tempat makan yang menyenangkan. Maka dari itu, jangan ragu untuk meletakkan meja dan kursi makan. 

Pertimbangkan untuk membuat ruang makan di samping dapur luar ruangan. Namun, karena berada di luar ruangan, pastikan memilih furnitur luar makan yang tahan lama. 

Buat tempat pemanggang

Selanjutnya, ide dapur luar ruangan yaitu membuat tempat pemanggang yang dapat digunakan untuk memasak barbeque saat berkumpul bersama keluarga maupun teman. 

Pilih desain pemanggang yang fungsional dan sesuai dengan kebutuhan serta desain dapur luar ruangan. 

Baca juga: 5 Ide Dapur Bergaya Mediterania yang Menawan

Gunakan meja dapur dari stainless steel

ilustrasi meja dapur dari stainless steelShutterstock/alexandre zveiger ilustrasi meja dapur dari stainless steel

Untuk dapur luar ruangan, sebaiknya pilih meja dapur dari stainless steel karena lebih tahan lama dan perawatannya mudah. 

Namun, bukan berarti material alami seperti kayu dan batu tidak bisa digunakan di dapur luar ruangan. Material kayu dan batu bisa dibuat sebagai aksen untuk menciptakan dapur luar ruangan terlihat modern dan ramping. 

Hias dapur luar ruangan dengan warna gelap

Terakhir, ide dapur luar ruangan yaitu menghias dapur dengan warna gelap. Cat dinding berwarna gelap akan membuat dapur terlihat ramping dan modern. 

Padukan warna gelap dengan warna lain agar dapur luar ruangan tidak terlihat membosankan. Jangan lupa untuk memasang atap agar dapur terasa teduh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com