Kompas.com - 14/04/2021, 12:44 WIB
Ilustrasi makanan kucing. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi makanan kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih makanan untuk kucing harus dilakukan dengan cermat. Namun, hal ini bisa sulit dilakukan, karena banyaknya merek, formulasi, dan rasa makanan kucing yang dijual di pasaran.

Sebelum memilih makanan kucing, ada baiknya Anda mengenali tahapan kehidupan kucing.

Kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda tergantung di mana mereka berada dalam tahap pertumbuhan dan siklus hidupnya,” kata Johnna Devereaux, ahli nutrisi hewan klinis dan pemilik Fetch RI di Richmond, Rhode Island seperti dikutip dari Catster, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Apakah Kucing Menyembunyikan Rasa Sakit? Ini Tanda-tandanya

Memberi makan kucing untuk memenuhi kebutuhan tersebut penting untuk vitalitasnya dan akan membantunya mencapai kesehatan yang baik," ujar Devereaux.

Anak kucing yang berusia kurang dari satu tahun harus makan makanan khusus anak kucing atau makanan berlabel "semua tahap kehidupan". Kucing dewasa yang berusia lebih dari satu tahun harus makan makanan kucing dewasa atau makanan berlabel untuk semua tahap kehidupan.

Kemudian, kucing berusia 11 hingga 14 tahun dianggap sebagai kucing senior, dan kucing berusia 15 tahun ke atas diklasifikasikan sebagai geriatri.

Meskipun kucing senior dan geriatri dapat makan makanan pemeliharaan atau semua makanan tahap kehidupan, mereka mungkin mendapat manfaat dari diet yang diformulasikan untuk kucing yang lebih tua.

Baca juga: 10 Hal yang Bisa Sebabkan Kucing Tidur Lebih Lama Daripada Biasanya

Berikut ini makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan untuk kucing.

Boleh: Pilih makanan kucing yang lengkap dan seimbang

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan saat memilih makanan kucing adalah dengan mencari pernyataan pada label yang mengatakan bahwa makanan tersebut memenuhi standar yang ditetapkan oleh Association of American Feed Control Officials (AAFCO).

Label itu menunjukkan bahwa makanan tersebut lengkap dan seimbang untuk tahap kehidupan kucing: pertumbuhan (anak kucing dan ratu hamil atau menyusui), pemeliharaan (kucing dewasa) atau semua tahap kehidupan (kucing apa pun dari anak kucing hingga geriatri).

Halaman:


Sumber Catster
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X