Kompas.com - 13/04/2021, 16:37 WIB
Ilustrasi kucing sedang menggaruk tubuhnya. SHUTTERSTOCK/ERMOLAEV ALEXANDERIlustrasi kucing sedang menggaruk tubuhnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang kucing peliharaan menyembunyikan rasa sakit yang mereka alami, dan hal ini akan membuat pemilik sulit untuk merawatnya. Lantas, mengapa kucing menyembunyikan rasa sakitnya tersebut?

Dilansir dari Hillspet, Rabu (14/4/2021), kecenderungan kucing untuk menyamarkan ketidaknyamanan mereka diyakini sebagai sisa evolusi dari hari-hari mereka di alam liar, di mana penyakit atau cedera menjadi sasaran di punggung mereka ke predator terdekat.

Kelemahan tidak hanya membuat kucing liar lebih rentan, tetapi juga akan membuatnya dalam bahaya dirundung atau ditinggalkan oleh kelompoknya.

Baca juga: 10 Hal yang Bisa Sebabkan Kucing Tidur Lebih Lama Daripada Biasanya

Meskipun kucing saat ini umumnya tidak perlu khawatir menjadi mangsa, mereka mungkin memandang hewan peliharaan lain di dalam rumah atau bahkan orang lain sebagai persaingan untuk mendapatkan sumber daya seperti makanan dan air.

Entah didorong oleh naluri yang tertanam dalam atau logika kucing yang terlalu protektif, kucing khawatir bahwa menunjukkan tanda-tanda kucing sakit akan menyebabkan mereka kalah dari hewan yang lebih pantas, mendorong mereka untuk menutupi gejala mereka.

Gejala umum kucing mengalami nyeri

Seekor kucing yang mengalami rasa sakit akan sering menunjukkan perubahan perilaku yang dapat memberi petunjuk kepada induk hewan peliharaan jika ada sesuatu yang salah.

Menurut Vetstreet, tanda-tanda umum kucing Anda sakit atau kesakitan meliputi:

  • Bersembunyi
  • Duduk diam dan membungkuk
  • Kehilangan minat pada orang, hewan peliharaan, atau aktivitas lainnya
  • Mendengkur, mengeong berlebihan, atau vokalisasi yang tidak biasa, dan
  • Kegelisahan atau agresi terhadap lingkungan yang bersahabat. 

Baca juga: Tanaman yang Dirusak Oleh Kucing Dapat Diperbaiki?

Kucing yang kesakitan mungkin juga menunjukkan hilangnya nafsu makan, muntah yang tidak biasa, perilaku melekat, atau perubahan kepribadian dan perilaku yang terlihat.

Kucing yang mengalami nyeri kronis, seperti artritis, mungkin akan berhenti menggunakan kotak pasirnya sama sekali karena terlalu sulit untuk dimasuki. Karena alasan ini, dia mungkin juga berhenti memanjat atau melompat ke tempat bertengger yang tinggi di pohon kucingnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X