Kompas.com - 13/04/2021, 13:01 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam rumah. UNSPLASH/VERONIQUE TRUDELIlustrasi tanaman hias di dalam rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dapat menjadi elemen dekorasi yang cantik, tanaman hias di dalam rumah juga dapat memberikan suasana yang teduh. Bahkan ada beberapa tanaman yang dapat menambahkan kelembapan di udara.

Dilansir dari Healthline, Selasa (13/4/2021), tingkat kelembaban udara yang tepat memiliki manfaat yang beragam mulai dari meredakan kulit dan bibir kering, mencegah tenggorokan kering, mengurangi kemungkinan infeksi dan alergi, dan menenangkan sinus serta iritasi hidung.

Tanaman meningkatkan kelembaban di udara melalui proses yang disebut evapotranspirasi.

Baca juga: Pentingnya Pencahayaan Saat Meletakkan Tanaman Hias di Rumah

Air dari tanah mengalir melalui akar tanaman, melalui batang, dan ke daun (transpirasi), di mana ia menguap ke udara melalui pori-pori daun, yang disebut stomata.

Berikut beberapa tanaman yang dapat mengatasi kekeringan di dalam ruangan.

spider plantshutterstock spider plant

1. Spider plant

Menurut sebuah penelitian, spider plant merupakan salah satu tanaman terbaik untuk meningkatkan kelembaban dalam ruangan.

NASA pun beranggapan demikian, hal ini ditemukan dalam penelitian tahun 1980-an, bahwa tanaman ini mampu mengeluarkan racun seperti karbon monoksida dan formaldehida dari udara dalam ruangan.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah

Selain itu, tanaman ini pun mudah tumbuh, Anda juga bisa menggantungnya dalam wadah sehingga memberikan kesan teduh pada ruangan.

Tanaman ini tumbuh paling baik di bawah sinar matahari tidak langsung yang terang, jadi usahakan untuk meletakkannya di dekat jendela yang mendapat banyak cahaya alami. Bertujuan untuk menjaga tanah tetap lembab, tetapi tidak basah.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X