Kompas.com - 13/04/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi panci yang terbuat dari stainless steel. PIXABAY/1110349Ilustrasi panci yang terbuat dari stainless steel.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut bulan Ramadan, berbagai kegiatan dilakukan, mulai dari membersihkan rumah, hingga membeli peralatan memasak baru untuk digunakan saat menyiapkan santap sahur dan berbuka puasa.

Namun, tahukah Anda, jika peralatan memasak baru ini harus dicuci dan dibersihkan sesuai dengan bahan materialnya untuk mengangkat kotoran?

Dilansir dari Consumer Report, Selasa (13/4/2021), dengan pembersihan yang benar, peralatan masak akan bertahan selama bertahun-tahun.

Baca juga: Hati-hati, Ini 9 Kesalahan dalam Memakai Peralatan Memasak

Namun, penting untuk menjaga bahan yang menjadi dasar pembuatannya dan membersihkannya dengan semestinya.

Berikut beberapa cara untuk membersihan peralatan memasak baru sesuai dengan bahan materialnya.

1. Aluminium

Sebelum digunakan, cuci dengan menggunakan sabun cuci piring. Selain itu, cuci sesegera mungkin setelah digunakan, dan keringkan secara menyeluruh.

Aluminium mudah kusam, jadi percantik permukaannya dengan bantalan gosok anti gores yang bersabun.

Baca juga: 12 Cara Mudah Menghemat Gas Elpiji Saat Memasak

2. Besi

Bersihkan peralatan masak besi sebelum digunakan dengan mengolesi sisi panci, atau wajan, dengan minyak sayur tanpa rasa, lalu tuangkan minyak secukupnya untuk menutupi bagian bawah. Panaskan dalam oven dengan suhu rendah selama satu jam.

Angkat, dinginkan, tuangkan minyaknya, dan seka residu dengan tisu dapur. Setelah digunakan, cuci dengan air panas dan cairan pencuci piring, dan keringkan secara menyeluruh untuk mencegah karat.

Jika Anda melihat bintik karat, gosok dengan sabut baja dan sedikit minyak sayur.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X