Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menyimpan Sisa Cat di Rumah dengan Aman

Kompas.com - 06/05/2024, 18:09 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan mengecat dinding rumah, terkadang sering meninggalkan sisa cat yang bisa digunakan kembali saat diperlukan. 

Namun, menyimpan sisa cat sering kali membuat bingung menentukan lokasi yang aman. Menyimpan sisa cat tidak boleh sembarangan karena bisa merusak kualitas cat, menyebabkan korosi, serta berdampak buruk pada kesehatan.

Nah, dikutip dari Better Homes and Gardens, Senin, (6/5/2024), berikut sejumlah cara menyimpan sisa cat di rumah dengan aman

Baca juga: Jangan Menyimpan Sisa Cat di Garasi dan Gudang, Ini Bahayanya

Bersihkan sisa cat dan tutup rapat kaleng catnya

Ilustrasi cat, cat dinding.UNSPLASH/SVEN BRANDSMA Ilustrasi cat, cat dinding.
Saat menyimpan sisa cat, pastikan menutup kembali kalengnya dengan baik sebelum menyimpannya.

Langkah pertama adalah membersihkan sisa cat dari sekitar tutup kaleng, kemudian gunakan palu karet untuk menepuk perlahan tutupnya agar kembali masuk dengan rapat.

Jika perlu, tambahkan lapisan plastik pembungkus di antara kaleng dan tutupnya untuk memberikan perlindungan tambahan.

Selain itu, pastikan membuka kaleng cat baru dengan alat yang sesuai, bukan dengan obeng pipih, agar tutupnya tidak melengkung.

Hal ini akan membuat sisa cat lebih mudah segel kembali ketika membutuhkannya. 

Baca juga: Cara Membuang Sisa Cat Lama dengan Aman dan Benar

Simpan di tempat sejuk dan gelap

Selanjutnya, cara menyimpan sisa cat di rumah dengan aman adalah menyimpannya di tempat sejuk, gelap, terlindung dari sinar matahari langsung dan suhu terkontrol, yang idealnya antara 15 hingga 26 derajat Celsius.

Meskipun gudang atau garasi sering kali menjadi pilihan untuk menyimpan kaleng cat, suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan cat membeku, khususnya selama musim dingin yang ekstrem.

Sebagai alternatif, pilihlah area di dalam rumah seperti ruang bawah tanah, lemari tertutup, atau tempat lain yang terjaga dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan Anda.

Pisahkan berbagai jenis cat

Ilustrasi cat, ilustrasi mengecat ruanganShutterstock/Africa Studio Ilustrasi cat, ilustrasi mengecat ruangan
Setelah mendapatkan lokasinya yang tepat, pisahkan berbagai jenis cat. Kelompokkan berbagai jenis cat, termasuk noda (stain), primer, sealer, dan cat semprot.

Selain itu, kelompokkan cat berdasarkan ruangan atau penggunaannya. Cara ini akan membantu Anda menentukan seberapa besar ruang yang diperlukan untuk menyimpan sisa cat dan berapa banyak wadah yang diperlukan.

Atur cat dan persediaan

Cara menyimpan sisa cat di rumah dengan aman adalah atur sisa cat dan persediaan. Tempatkan semua sisa cat dan perlengkapan cat di satu lokasi agar siap digunakan saat dibutuhkan saat ingin mengecat ruangan kembali.

Jika tidak ada rak yang tersedia di tempat penyimpanan yang dipilih, Anda bisa merakit rak logam yang kokoh dan tahan lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com