Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Halaman Rumah

Kompas.com - 04/05/2024, 11:21 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki halaman rumah yang dipenuhi berbagai tanaman memang menyenangkan. Tanaman yang tumbuh di halaman rumah membuat hunian terlihat lebih hidup dan segar. 

Selain itu, banyaknya tanaman yang tumbuh di sekitar rumah akan membuat udara lebih segar. Suasana rumah juga akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. 

Baca juga: 8 Tanaman yang Tidak Boleh Diletakkan di Dalam Rumah Menurut Feng Shui

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis tanaman bisa ditanam di halaman rumah. Dikutip dari Real Simple, Sabtu (4/5/2024), berikut ini beberapa jenis tanaman yang tidak boleh ditanam di halaman rumah

English ivy

Ilustrasi tanaman English ivy.Shutterstock/Aunyaluck Ilustrasi tanaman English ivy.

English ivy merupakan salah satu tanaman yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah. Mary Phillips, kepala taman margasatwa dan certified wildlife habitat untuk National Wildlife Federation, mengatakan bahwa English ivy merupakan tanaman merambat yang bisa mematikan pohon dan merusak bangunan. 

Selain itu, tanaman ini juga bisa mematikan vegetasi tanaman asli di tanah yang bermanfaat untuk satwa liar. Tanaman ini juga menjadi inang patogen penyebab penyakit gosong daun. 

Baca juga: Kenalan dengan English Ivy, Tanaman Rambat yang Bisa Hidup di Pot

Dibandingkan menanam English ivy, lebih baik menanam tanaman penutup tanah seperti tanaman menjalar Virginia atau Parthenocissus quinquefolia.

Wisteria

Wisteria juga termasuk tanaman yang tidak boleh ditanam di halaman rumah. Erin Moriarty, desainer dan ketua tim dari perusahaan desain online Tilly, mengatakan tanaman ini mudah menyebar dengan cepat dan bisa mengganggu pertumbuhan tanaman di sekitarnya. 

Tak hanya itu, tanaman wisteria juga bisa membunuh pohon muda, sehingga sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Membutuhkan Banyak Air

Honeysuckle Jepang

Honeysuckle Jepang juga termasuk tanaman yang tidak boleh ditanam di pekarangan rumah. Sebab, tanaman ini bisa menyerang ekosistem liar dan mengganggu tanaman merambat lainnya. 

Jika tetap ingin menanam tanaman sejenis, maka sebaiknya pilih varietas asli seperti coral honeysuckle (lonicera sempervirens). 

Periwinkle

Ilustrasi tanaman periwinkleShutterstock/Mystic Mountains Ilustrasi tanaman periwinkle

Periwinkle merupakan tanaman bunga yang cantik. Namun, tanaman ini ternyata tidak boleh ditanam di halaman rumah. 

Sebab, tanaman ini bisa membuat lapisan tanah menjadi padat dan menekan segala sesuai di bawahnya. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk menanam tanaman penutup tanah seperti stroberi liar atau phlox yang merambat. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur tanpa Sinar Matahari

Rumput eulalia

Terakhir, tanaman yang tidak boleh ditanam di halaman rumah yaitu rumput eulalia. Tanaman rumput ini bisa mengambil alih padang rumput alami. 

Dibandingkan menanam rumput eulalia, sebaiknya tanam switchgrass atau Indiangrass yang cantik, namun tidak mengganggu pertumbuhan rumput alami. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com