Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendekorasi Kamar Mandi Tanpa Jendela

Kompas.com - 06/05/2024, 13:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cahaya alami memiliki peran penting untuk membuat tampilan ruangan terlihat lebih menarik. Salah satu cara untuk menghadirkan cahaya alami di dalam ruangan yaitu dengan membuat jendela.  

Sayangnya, tidak semua ruangan dilengkapi dengan jendela. Ada beberapa ruangan yang tidak dilengkapi dengan jendela, salah satunya kamar mandi. 

Baca juga: 5 Aturan Membersihkan Kamar Mandi tanpa Jendela

Kamar mandi jarang memiliki jendela, sehingga terlihat gelap dan suram. Namun, dengan kreativitas penuh, kamar mandi tanpa jendela bisa tetap dibuat cantik dan menarik. 

Dikutip dari Homes and Gardens, Senin (6/5/2024), berikut ini beberapa tips mendekorasi kamar mandi tanpa jendela. 

Tambahkan cermin

Ilustrasi cermin di kamar mandi tanpa jendelaSHUTTERSTOCK/PAVEL ADASHKEVICH Ilustrasi cermin di kamar mandi tanpa jendela

Salah satu cara membuat kamar mandi terlihat lebih terang dan lapang, meski tanpa jendela yaitu dengan memasang cermin di dinding kamar mandi. 

Baca juga: Panduan Cermin di Kamar Mandi Menurut Feng Shui, Pastikan Tak Pecah

Cermin dapat memantulkan cahaya di dalam ruangan, sehingga bisa memberikan ilusi ruangan lebih luas dan terang. Kathy Kuo, seorang desainer interior bahkan menyarankan untuk memasang beberapa cermin di dinding untuk menambah dimensi dan cahaya ekstra. 

Jennifer Davis, seorang desainer di Davis Interiors, juga menyarankan untuk menempatkan cermin di area yang strategis agar bisa memantulkan cahaya secara efektif dan menciptakan kesan lapang. 

Sementara itu, untuk memberikan sentuhan ramping dan menambah ruang, pertimbangkan menggunakan meja rias terapung dengan pencahayaan tersembunyi di bawahnya.

Baca juga: 5 Ide Menghadirkan Cermin di Kamar Mandi Kecil untuk Memperbesar Ruang

Menggunakan warna-warna gelap

Warna terang memang memiliki kemampuan untuk memantulkan dan memperkuat cahaya di dalam ruangan. Namun, menurut Jennifer kamar mandi tanpa jendela dengan warna gelap tetap terlihat menawan. 

Untuk menambah kesan estetik di dalam kamar mandi gelap, tambahkan pencahayaan buatan yang cukup dan gunakan permukaan reflektif untuk memaksimalkan pencahayaan. 

Wallpaper dengan elemen metalik juga bisa dipasang di kamar mandi tanpa jendela untuk menyempurnakan pantulan cahaya. 

Pilih material dengan finishing mengkilap

Selanjutnya, tips mendekorasi kamar mandi tanpa jendela yaitu menggunakan material dengan finishing mengkilap. 

Menurut Jennifer, penggunaan bahan mengkilap seperti pintu kamar mandi kaca, lemari mengkilap, atau ubin reflektif, bisa membantu memperkuat pantulan cahaya dan membuat kamar mandi terlihat lebih lapang. 

Untuk tampilan yang lebih sempurna, sebaiknya tidak mengecat dinding kamar mandi dengan cat matte karena bisa membuat ruangan terlihat lebih kusam. 

Baca juga: Perbedaan Cat Satin dan Cat Matte, Mana yang Baik untuk Rumah?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com