Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hewan Peliharaan yang Minim Perawatan, Apa Saja?

Kompas.com - 06/05/2024, 16:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan. Namun, hewan peliharaan perlu dirawat dengan baik, sehingga bagi yang memiliki kesibukan, merawat hewan peliharaan menjadi tantangan tersendiri. 

Jika mempunyai kesibukan yang sangat padat, namun tetap ingin memelihara hewan di rumah, maka sebaiknya pilih hewan peliharaan yang minim perawatan

Dikutip dari The Spruce Pets, Senin (6/5/2024), berikut ini sejumlah hewan peliharaan yang minim perawatan. 

Baca juga: 6 Hewan Peliharaan dengan Perawatan Mudah dan Minim

Ikan air tawar

Ilustrasi ikan cupang.Shutterstock/panpilai paipa Ilustrasi ikan cupang.

Ikan air tawar menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang dapat dipelihara dengan mudah. Beberapa jenis ikan air tawar yang bisa menjadi pilihan, seperti; ikan mas, ikan cupang, ikan guppy, dan lain sebagainya. 

Merawat ikan air tawar tidak memerlukan banyak waktu, cukup pastikan air kolam atau akuarium dalam kondisi bersih dan ikan diberi makan dengan tepat. 

Tarantula

Tarantula juga termasuk hewan peliharaan yang minim perawatan. Perawatan hewan eksotis ini cukup mudah, sehingga cocok dirawat oleh pemula. 

Tarantula juga tidak membutuhkan tempat yang luas, sehingga dapat dirawat di dalam rumah, bahkan bisa di dalam kamar. Hewan ini cukup diberi makan seminggu sekali dan media di dalam kandang perlu diganti sesekali. 

Baca juga: Cara Merawat Tarantula di Rumah dengan Benar

Tokek macan tutul

Jika mencari tokek yang perawatanya mudah, maka tokek macan tutul bisa menjadi pilihan. Tokek ini memiliki warna dan pola yang menarik, sehingga banyak yang menyukai. 

Reptil ini hanya perlu diberi serangga sebagai makanannya. Selain memberikan makanan yang tepat, pastikan kondisi suhu dan kelembapannya sesuai dengan kebutuhan tokek. 

Ular jagung

Ilustrasi corn snake atau ular jagungSHUTTERSTOCK/Luiza Kleina Ilustrasi corn snake atau ular jagung

Ular jagung  juga termasuk hewan peliharaan yang mudah dipelihara. Ular jagung termasuk jenis ular yang jinak dan ukurannya tidak terlalu besar. 

Ular ini hanya perlu lampu pemanas dan penutup kasar agar tetap hangat dan aman. Ular jagung dewasa hanya perlu diberi makan beberapa kali dalam sebulan. Terkadang, media perlu diganti dan air harus selalu bersih serta segar. 

Baca juga: 5 Persiapan Memelihara Ular, Mulai dari Jenis hingga Bujet

Burung kenari

Selanjutnya, hewan peliharaan yang minim perawatan yaitu burung kenari. Saat merawat burung kenari, pastikan air bersih dan makanan tersedia setiap hari. 

Selain itu, kandang burung kenari juga harus rutin dibersihkan. Namun, burung kenari tidak memerlukan perawatan khusus seperti burung peliharaan lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com