Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Memiliki Sembilan Nyawa, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 09/05/2024, 09:04 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pets Radar

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing sering disebut sebagai hewan yang kuat, bahka disebut memiliki sembilan nyawa. 

Misalnya, dalam beberapa peristiwa, seperti kecelakaan atau tabrakan, Anda pernah melihat seekor kucing yang selamat dan dan dapat bertahan hidup dari situasi yang mematikan. 

Baca juga: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Kucing Cacingan

Hal inilah yang membuat mitos kucing memiliki sembilan nyawa kian melekat. Padahal, kenyataanya, kucing tidak memiliki kemampuan untuk hidup kembali. 

Pada dasarnya, kucing adalah hewan yang sangat lincah dan cerdas. Selain itu, kucing memiliki beberapa "kekuatan super' yang menjadikan penyintas hebat atau mahluk yang mempu bertahan hidup. 

Dilansir dari Pets Radar, Kamis (9/5/2024), berikut sejumlah penjelasan ilmiah mengenai mitos kucing memiliki sembilan nyawa.

Apakah kucing memiliki sembilan nyawa?

Ilustrasi kucing Korat.Shutterstock/Nynke van Holten Ilustrasi kucing Korat.
Seperti dijelaskan sebelumnya, kucing tidak memiliki kemampuan mistis untuk hidup kembali. Namun, kucing memiliki beberapa kemampuan luar biasa untuk membuatnya bertahan dalam situasi yang mengancam jiwa.

Kecepatan, kelincahan, dan kemampuan kucing untuk mendarat ketika jatuh dari ketinggian membantunya melakukan manuver menantang maut. 

Namun, hal ini kerap mengarah pada mitos kucing memiliki banyak nyawa. 

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Menggigit Leher Kucing Lain

Mengapa kucing dianggap memiliki sembilan nyawa?

Fakta di balik mitos kucing memiliki sembilan nyawa ini masih belum jelas.

Beberapa sumber mengatakan ini berasal dari Mesir Kuno. Sedangkan sumber lainnya menyebut mitos kucing memiliki sembilan nyawa muncul ketika kucing kapal Inggris selamat dari tenggelam kapal akibat badai, lalu muncul kembali keesokan harinya.

Mitos ini kemungkinan besar muncul ketika para pemilik kucing pada masa lalu terus menemukan kucing-kucing mereka yang tampaknya tidak bisa dihancurkan. 

Sebaliknya, kucing yang setelah mengalami peristiwa mematikan tersebut justru tetap tenang berjemur di bawah sinar matahari. 

Baca juga: 8 Cara Memperkenalkan Kucing Peliharaan ke Anak Kucing Baru di Rumah

Berapa lama kucing bertahan hidup?

Cara merawat kucing Toyger. Shutterstock/stockelements Cara merawat kucing Toyger.
Lily Richard, salah satu dokter bedah hewan asal Inggris sekaligus penulis dalam laman The Veterinary Content Company, menjelaskan umur rata-rata kucing peliharaan adalah 13-14 tahun, tetapi kucing yang dirawat dengan baik dapat hidup 20-30 tahun.

“Kucing yang berada di dalam ruangan umumnya berisiko lebih kecil mengalami cedera traumatis atau penyakit menular sehingga lebih mungkin mencapai usia lebih panjang dibanding kucing yang suka berpetualang di luar ruangan,” ucap Richard. 

Salah satu kucing tertua yang pernah ada, Creme Puff, dapat berhidup hingga usia 38 tahun. Artinya, masih ada peluang harapan untuk kucing Anda hidup selama itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com