Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2023, 09:11 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur putih menjadi pilihan populer di rumah-rumah. Hal ini lantaran dapur putih menawarkan sejumlah keuntungan.

Mulai dari, tidak pernah ketinggalan zaman, cocok dengan segala suasana dan desain rumah, dapat membuat ruangan terlihat lebih besar, serta menciptakan kesan energik dan hidup. 

Baca juga: Simak, 9 Hal yang Harus Dilakukan di Dapur Sebelum Mudik

Tak heran, dapur putih selalu populer dan tak lekang oleh waktu. Setidaknya, ada tiga jenis dapur putih yang modern dan terus populer hingga sekarang ini.

Jenis dapur putih ini bisa menjadi pilihan Anda apabila berencana merombak atau merenovasi dapur. Dikutip dari Decor Tips, Rabu (12/5/2023), berikut tiga ide dapur putih yang modern dan populer. 

Dapur putih minimalis

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/New Africa Ilustrasi dapur putih.
Contoh dapur putih modern pertama adalah desain minimalis. Dekorasi minimalis sangat istimewa dan tidak akan luput dari perhatian.

Elemen utama di dapur putih minimalis ini berada tepat di tengah. Ini adalah kitchen island yang dilengkapi dengan kompor listrik, oven, dan kap mesin.

Kitchen island ini mengikuti dekorasi di sekitarnya dengan warna putih serta menampilkan garis-garis lurus dan desain sederhana.

Untuk pencahayaan, dapur putih minimalis hanya memiliki sepasang lampu sorot di plafon di antara pulau dan dinding belakang.

Berkat jendela besar di sisi dapur, banyak cahaya alami yang masuk, mengurangi kebutuhan lampu lainnya.  

Baca juga: 7 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan Pakai Tisu Dapur, Apa Saja?

Dapur putih Skandinavia

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/New Africa Ilustrasi dapur putih.

Selanjutnya, ide dapur putih yang modern dan populer adalah bergaya Skandinavia. Dapur purtih ini benar-benar berbeda dari dekorasi minimalis.

Dapur Skandinavia yang sangat cocok untuk keluarga besar. Dapur ini juga praktis, memiliki banyak ruang penyimpanan, serta desain yang tajam.

Tidak perlu diragukan lagi, pintu geser yang memisahkan dapur dengan ruang keluarga membuat dapur putih Skandinavia berbeda dari yang lain.  

Di dapur Skadinavia, perabotan putih sangat cocok dengan kayu ringan di meja dan bar. Selain itu, elemen lain juga ikut berperan, seperti kaca pada pintu kabinet atau lampu keramik. Ruang yang dihasilkan hangat, nyaman, dan terpenting sangat fungsional. 

Baca juga: Feng Shui Larang Pintu Kamar Mandi Menghadap Kamar Tidur dan Dapur, Kenapa?

Dapur industrial 

Ilustrasi dapur putih yang dikombinasikan dengan hitam atau dapur monokrom.Shutterstock/Breadmaker Ilustrasi dapur putih yang dikombinasikan dengan hitam atau dapur monokrom.
Dapur industrial bisa sesuai dengan gaya dekorasi apa pun. Kita cenderung mengasosiasikan gaya industri atau bawah tanah dengan bahan dingin dan warna gelap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com