Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan Pakai Tisu Dapur, Apa Saja?

Kompas.com - 10/04/2023, 22:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan tisu dapur kian populer di kalangan pemilik rumah. Tisu dapur biasanya digunakan untuk menyerap minyak berlebih pada makanan dan mengeringkan permukaan masak.

Dikutip dari House Digest, Senin (10/4/2023), tisu dapur pada awalnya diciptakan sebagai alternatif higienis untuk kain, meskipun sifatnya yang dapat dibuang membuatnya tampak ideal untuk sebagian besar pekerjaan di rumah.

Umumnya, tisu dapur membuat pekerjaan pembersihan lebih mudah dan meminimalkan ukuran muatan cucian ketimbang menggunakan serbet, menjadikannya alat yang ideal di dapur.

Baca juga: Letakkan Tisu Dapur ke Dalam Kulkas, Ini Manfaatnya

Ilustrasi tisu dapur. SHUTTERSTOCK/Inna Dodor Ilustrasi tisu dapur.

Meskipun demikian, tisu dapur sebenarnya tidak bisa digunakan sebagai produk pembersih. Tisu dapur umumnya lebih lemah dari instrumen pembersih lainnya, menyebabkan tisu dapur meninggalkan residu atau potongan kecil.

Tisu dapur bisa juga mengandung bahan kimia yang mungkin membuat Anda berpikir dua kali untuk menggunakannya untuk pekerjaan pembersihan tertentu.

Berikut beberapa benda yang tidak bisa dibersihkan dengan tisu dapur.

1. Karpet

Banyak rumah menampilkan karpet di ruang tamu maupun kamar tidur. Karpet tersebut bisa terbuat dari kain dengan serat pendek dan melingkar rapat maupun yang dibuat kusut dan longgar.

Baca juga: Kenapa Tisu Tidak Boleh Dibuang ke Kloset?

Menggunakan tisu dapur untuk membersihkan noda dan tumpahan tidak dianjurkan pada permukaan ini. Tekstur seperti kertas dari tisu dapur mudah sobek, terkoyak oleh serat pendek dan keras karpet.

Hal ini terutama menjadi masalah saat menggunakan penghilang noda atau larutan pembersih lainnya, yang membasahi tisu dapur yang digunakan dan membuatnya semakin lemah saat digosok pada permukaan yang tidak rata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com