Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Simpan Bahan-bahan Makanan Ini di Lemari Dapur

Kompas.com - 04/04/2023, 11:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari dapur lazim digunakan untuk menyimpan peralatan makan, peralatan masak, dan bahan-bahan makanan. Namun demikian, ada beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di lemari dapur.

Sejumlah pakar pun menyarankan Anda untuk tidak menyimpan beberapa jenis bahan makanan di lemari dapur, karena dikhawatirkan akan rusak dan terganggu kualitasnya.

Dikutip dari Best Life, Senin (3/4/2023), berikut beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di lemari dapur.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Noda Minyak di Lemari Dapur Kayu, Bisa Pakai Cuka

Ilustrasi dapur, kitchen set atau lemari dapur warna kuning. SHUTTERSTOCK/SKLEP SPOZYWCZY Ilustrasi dapur, kitchen set atau lemari dapur warna kuning.

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Jen Brown, koki berpengalaman yang bekerja sebagai penata makanan profesional untuk film mengatakan kepada Best Life bahwa banyak masalah penyimpanan dapur yang tidak tepat saat ini disebabkan oleh suhu ruangan.

Secara historis, rumah jauh lebih sejuk daripada sekarang, menjadikan lemari dapur tempat yang ideal untuk menyimpan makanan, kata Brown.

Namun, imbuh dia, suhu ruangan dapur Anda mungkin terlalu tinggi untuk makanan tertentu. Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah salah satu kategori paling umum yang terpengaruh oleh perbedaan modern ini, menurut Brown.

Kacang-kacangan dan biji-bijian rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan bisa menjadi tengik saat disimpan di dapur yang hangat, sebut Brown.

Baca juga: 5 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Lemari Dapur, Kenapa?

Agar kacang-kacangan dan biji-bijian tetap segar, simpan dalam wadah kedap udara di kulkas atau freezer, saran dia.

2. Selai kacang

Banyak orang juga terbiasa menyimpan selai kacang di dapur. Namun Artem Kropovinsky, ahli rumah dan pendiri studio desain Arsight di New York City, mengatakan bahwa Anda harus benar-benar mempertimbangkan kembali metode penyimpanan ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com