Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2023, 18:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Handuk mandi digunakan secara rutin. Dengan demikian, ada baiknya mempelajari cara mencuci handuk untuk membuatnya tetap lembut dan beraroma harum.

Dikutip dari Homes & Gardens, Senin (3/4/2023), mencuci handuk dengan cuka putih sesekali untuk pembersihan mendalam dapat dilakukan. Cuka adalah salah satu cara untuk melembutkan handuk yang sudah mulai terasa kaku dan kasar, serta menghilangkan bau dan bakteri.

Saat mencuci pakaian, handuk jauh lebih tidak mudah kusut dibandingkan barang yang lebih kecil seperti pakaian anak-anak.

Baca juga: Perhatikan, 5 Tanda Harus Mengganti Handuk

Ilustrasi mencuci handuk. SHUTTERSTOCK/BRIZMAKER Ilustrasi mencuci handuk.

Akan tetapi, karena handuk umumnya terbuat dari katun, yang merupakan bahan alami, handuk rentan terhadap bakteri, terutama jika disimpan agak lembap atau dibiarkan menggantung di pengait daripada gantungan handuk.

Mencuci dengan cuka akan membuat handuk tetap segar.

Tidak ada aturan pasti dan cepat tentang berapa banyak cuka yang harus digunakan, tetapi blogger rumah dan gaya hidup Rene Lategan mengatakan, Anda dapat memperkirakan jumlahnya tergantung pada seberapa besar mesin cuci dan berapa banyak handuk yang Anda cuci per siklus.

Satu cangkir per dua handuk besar bekerja dengan baik, ujar Lategan.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Saat Mencuci Handuk, Bisa Bikin Rusak

Tuangkan ke dalam dispenser pelembut kain di mesin cuci atau langsung ke dalam tabung mesin cuci. Setel mesin cuci ke pencucian yang paling panas dan biarkan cuka bekerja, tidak perlu dibilas sesudahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com