Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2024, 19:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci dan pengering baju merupakan perlengkapan rumah tangga yang membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya. Sebab, alat elektronik ini memiliki ukuran cukup besar. 

Jika memiliki ruang cuci yang besar, hal ini bukan sebuah masalah. Namun, bagaimana jika tidak memiliki ruangan luas untuk menyimpan perlengkapan rumah tangga ini?

Baca juga: Amankah Menumpuk Mesin Cuci Bukaan Depan dengan Mesin Pengering?

Alternatif solusinya yaitu dengan menumpuk dua mesin tersebut. Akan tetapi, menumpuk mesin cuci dan mesin pengering tidak boleh sembarang. 

Sebab, menumpuk asal-asalan berisiko membuat mesin rusak. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Selasa (9/4/2024), berikut cara menumpuk mesin cuci dan mesin pengering dengan benar. 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menumpuk mesin cuci dan mesin pengering

ilustrasi mesin cuci dan mesin pengeringShutterstock/Pixel-Shot ilustrasi mesin cuci dan mesin pengering

Sebelum mulai menumpuk mesin cuci dan mesin pengering, baca terlebih dahulu buku petunjuk untuk memastikan dua alat elektronik tersebut aman untuk ditumpuk. Jika membeli model terbaru, konsultasikan terlebih dahulu dengan penjual atau produsen alat tersebut. 

Setelah keamanan terjamin, belilah perlengkapan khusus yang membuat mesin cuci dan mesin pengering bisa ditumpuk dengan aman. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Obeng
  • Kunci pas yang bisa disesuaikan
  • Meteran
  • Tali pengangkat alat (opsional)
  • Tangga
  • Perlengkapan khusus untuk menumpuk mesin cuci dan mesin pengering
  • Kadus

Ukur ruangan terlebih dahulu

Sebelum mulai menumpuk mesin cuci dan mesin pengering, sebaiknya ukur terlebih dahulu ruangan yang akan digunakan untuk menyimpan dua mesin tersebut. 

Pastikan ruang horizontal dan vertikal ruangan tersebut cukup untuk menyimpan dua alat elektronik tersebut. 

Perhatikan juga letak ventilasi pengering, saluran gas (jika ada), stop kontak, pipa pembuangan mesin cuci, dan saluran air untuk memastikan mesin bisa menjangkau elemen-elemen tersebut saat ditumpuk. 

Baca juga: 6 Cara Merawat Mesin Cuci agar Tetap Optimal dan Tahan Lama

Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Cara menumpuk mesin cuci dan mesin pengering selanjutnya yaitu melepaskan kaki pengering dan meletakkan alat di atas selembar kardus untuk melindungi lantai. 

Jika kit susun dilengkapi dengan kaki susun karet, maka pasanglah pada pengering. Selanjutnya, pindahkan mesin cuci ke area yang akan digunakan untuk menyimpan mesin. Namun, beri jarak sedikit dari dinding agar memiliki ruang untuk bekerja. 

Mulai tumpuk mesin pengering

Selanjutnya, dengan bantuan orang lain, angkat mesin pengering di atas mesin cuci. Jika perlu, gunakan tali pengangkat alat agar proses pengangkatan mesin pengering lebih mudah dan aman. 

Setelah pengering diletakkan di atas mesin cuci, posisikan sesuai dengan panduan penempatan. Biasanya, mesin pengering sedikit menggantung di bagian belakang mesin cuci.

Baca juga: Mesin Cuci Baru Vs Bekas, Mana yang Sebaiknya Dibeli?

Pasang braket kit susun

mesin cuci dan mesin pengering di ruang cuciShutterstock/Fio Creative mesin cuci dan mesin pengering di ruang cuci

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com