Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Dinding Ruang Cuci Baju yang Estetik

Kompas.com - 01/04/2024, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendekorasi rumah, ruang cuci baju seringkali terlupakan. Sebab, ruangan ini biasanya dibuat di area belakang dan hanya digunakan beberapa kali dalam seminggu, sehingga banyak yang mengabaikan estetika ruangan ini. 

Padahal, fungsi ruangan ini sangat penting dan dekorasi ruangan yang cantik membuat ruang cuci baju terasa lebih nyaman. 

Tak hanya itu, ruang cuci yang cantik juga membuat tampilan rumah secara keseluruhan lebih menarik dan estetik. 

Baca juga: 5 Ide Penataan Ruang Cuci Baju agar Rapi dan Nyaman

Salah satu bagian ruang cuci baju yang dapat didekorasi dengan cantik yaitu area dinding. Dilansir dari Displate Magazine, Senin (1/4/2024), berikut beberapa ide dekorasi dinding ruang cuci baju yang cantik dan menarik.

Tampilkan suasana pedesaan

Ilustrasi ruang cuci bergaya farmhouseShutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang cuci bergaya farmhouse

Mendekorasi dinding ruang cuci baju dengan suasana pedesaan akan membuat ruangan terasa lebih menyenangkan. 

Untuk menambahkan kesan pedesaan bisa dengan menggantung tirai bermotif kotak-kotak, memasang stoples untuk penyimpanan, dan ornamen dekorasi lain. 

Selain itu, bisa juga dengan mengecat dinding ruang cuci baju menggunakan warna biru muda atau hijau. Tak hanya memberikan suasana pedesaan, warna cerah juga membuat ruang cuci baju terasa lebih ceria. 

Baca juga: 6 Warna Cat Ruang Cuci Baju, Berikan Kesan Segar dan Nyaman

Berikan sentuhan gaya Mediterania

Ide dekorasi dinding ruang cuci baju lainnya yaitu dengan memberikan sentuhan Mediterania, sehingga terlihat mewah dan menawan. 

Gaya Mediterania bisa ditampilkan dengan menggunakan warna yang kaya dan cerah seperti emas dan terakota. Tambahkan juga ubin dekoratif di dinding dan lantai, serta gantung karpet di dinding agar gaya Mediterania lebih terasa. 

Perlengkapan lampu dan wadah penyimpanan juga bisa membuat ruang cuci baju memiliki nuansa Mediterania. 

Tambahkan tanaman hias

Tanaman hias juga bisa ditempatkan di ruang cuci baju untuk membuat ruangan terasa lebih segar. Tanaman hias bisa digantung di dinding ruang cuci yang membuat dinding lebih menarik. 

Selain sebagai dekorasi ruangan, tanaman hias juga membuat udara di dalam ruangan lebih segar dan bersih. Beberapa jenis tanaman hias yang bisa ditempatkan di ruang cuci baju, seperti; tanaman laba-laba, pakis Boston, dan philodendron. 

Baca juga: Catat, Ini 7 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Ruang Cuci Baju

Tampilkan pola menonjol

Ilustrasi karya seni cantik di dinding ruang cuci bajuShutterstock Ilustrasi karya seni cantik di dinding ruang cuci baju

Untuk tampilan yang tidak membosankan, dinding ruang cuci baju bisa didekorasi dengan pola yang menonjol. Pola atau motif tersebut bisa ditampilkan pada gorden, karpet yang dipasang di dinding, atau wallpaper dinding. 

Pola pada dinding membuat ruang cuci baju terasa lebih ceria dan menarik, namun tidak terlihat berlebihan. 

Gantungkan karya seni cantik

Terakhir, ide dekorasi dinding ruang cuci baju yaitu menggantung karya seni cantik. Karya seni membuat dinding lebih menarik dan cantik. 

Karya seni seperti lukisan dengan motif dan warna membuat ruang cuci baju terlihat menonjol. Padukan karya seni dengan pencahayaan yang tepat agar ruang cuci baju lebih menawan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com