Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mendesain Kamar Mandi Terbuka Menurut Ahli

Kompas.com - 01/04/2024, 15:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat masuk ke kamar hotel, terkadang kita mendapati desain kamar mandi terbuka yang membuat kamar mandi langsung terhubung ke kamar. 

Desain ini terlihat tidak biasa karena masih banyak diantara kita yang menganggap kamar mandi sebagai ruang pribadi, sehingga dibuat tertutup dan rapat. 

Akan tetapi, saat ini para desainer mulai menerapkan desain kamar mandi terbuka di rumah modern.

Baca juga: Plus Minus Menerapkan Desain Kamar Mandi Terbuka

Untuk alasannya, Chad Falkenberg, salah satu pendiri studio desain interior Falken Reynolds, mengatakan bahwa desain kamar mandi terbuka tanpa pintu dan dinding yang menghalangi jalan membuat sinar matahari bisa masuk dengan mudah ke dalam ruangan. 

Dengan demikian, kamar mandi akan terasa lebih cerah dan segar. Tata letak konsep terbuka juga membuat kamar mandi terasa lebih luas karena ukuran ruang yang tersedia dimaksimalkan dengan menghilangkan dinding dan pintu pemisah. 

ilustrasi desain kamar mandi terbukaShutterstock/KUPRYNENKO ANDRII ilustrasi desain kamar mandi terbuka

Selain alasan fungsional, Chad Falkenberg juga mengatakan kamar mandi bisa memberikan suasana nyaman seperti di spa. Desain kamar mandi terbuka cocok untuk ruangan yang terbatas, sehingga membuat kamar mandi terasa lebih lapang. 

Baca juga: Konsep Kamar Mandi Terbuka Bakal Populer, Apa Saja Keuntungannya?

Untuk membuat kamar mandi terbuka sebenarnya tidak sulit, namun butuh ketelitian agar kamar mandi tetap cantik dan nyaman. Dikutip dari Livingetc, Senin (1/4/2024), berikut cara mendesain kamar mandi terbuka. 

Patikan tampilan kamar mandi bagus

Salah satu hal yang perlu dilakukan saat membuat kamar mandi terbuka yaitu memastikan tampilannya bagus. 

Lengkapi kamar mandi terbuka dengan bak mandi yang dapat digunakan untuk berendam. Di dekat bak mandi, pasang pancuran air atau shower yang membuat kamar mandi tetap fungsional. 

Area pancuran dan bak mandi bisa dibatasi dengan kaca yang menambah keindahan ruangan. Pasang juga ubin bermotif mencolok di area kamar mandi untuk menambah estetika di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Tips Menentukan Desain Kamar Mandi dengan Tepat

Buat area transisi yang cantik

Selanjutnya, cara mendesain kamar mandi terbuka yaitu membuat area transisi yang cantik. Transisi antara area kamar mandi dan kamar tidur perlu dibuat cantik agar tampilan seluruh ruangan lebih menarik. 

Greg Natale, seorang desainer interior, menyarankan untuk memasang lantai berbeda di area kamar mandi dan area kamar tidur, sehingga terlihat perbedaan. Batas antara dua area tersebut dibuat melengkung agar terlihat dinamis dan cantik. 

Tetap pertimbangkan privasi di kamar mandi

ilustrasi kamar mandi terbukaShutterstock/Petrus Rostomidis ilustrasi kamar mandi terbuka

Jika khawatir kehilangan privasi di kamar mandi terbuka, maka ada cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga privasi di kamar mandi tersebut. 

Cara menjaga privasi di kamar mandi terbuka bisa dengan menempatkan wastafel dan meja rias di area perbatasan antara kamar mandi dengan kamar tidur. 

Selain itu, area toilet juga sebaiknya ditutup dengan dinding baja khusus dan pintu kaca agar privasi di area tersebut tetap terjaga. 

Baca juga: 5 Desain Kamar Mandi ala Jepang yang Tenang dan Nyaman

Pasang pembatas ruangan

Apabila tidak ingin kamar mandi terlalu terbuka, maka cara mendesain kamar mandi terbuka bisa dengan memasang pembatas ruangan. 

Greg Howe, seorang arsitek, menyarankan untuk memasang dinding kaca sebagai pembatas antara kamar mandi dengan kamar tidur. 

Dinding kaca bisa menjaga privasi tanpa mengurangi estetika di ruangan tersebut. Dinding kaca juga bisa menjaga kesan terbuka dan lapang di kamar mandi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com