Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2024, 17:33 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu desain interior yang banyak disukai yaitu gaya industrial. Interior bergaya industrial pertama kali muncul di tahun 1960-an dan 70-an, saat para seniman mulai berpindah ke pinggiran kota dan mengubah pabrik serta gudang tua menjadi studio. 

Elemen gaya industrial seperti lantai beton, dinding bata, dan detail logam terbuka bisa ditampilkan di interior rumah. Gaya industrial membuat ruangan terlihat unik dan cantik.

Baca juga: Ingin Menampilkan Gaya Industrial di Rumah? Simak Triknya

Desain interior bergaya industrial bisa ditampilkan di berbagai ruangan, tak terkecuali ruang tamu. Selain cantik, ruang tamu bergaya industrial juga tetap terasa nyaman. 

Dilansir dari Displate Magazine, Senin (1/4/2024), berikut ini beberapa ide ruang tamu industrial yang unik dan cantik. 

Pilih tata letak terbuka

Ilustrasi ruang tamu bergaya industrial.Shutterstock/jafara Ilustrasi ruang tamu bergaya industrial.

Ruang tamu industrial biasanya memiliki denah terbuka yang terinspirasi dari pabrik. Jika tinggal di rumah tradisional dengan banyak ruangan kecil, maka ruang tamu tradisional bisa dibuat dengan menghilangkan dinding yang tidak dibutuhkan. 

Selain membuat ruangan terasa lebih besar, tata letak terbuka juga membuat ruang tamu lebih terang karena cahaya alami banyak masuk. 

Tak hanya itu, tata letak ruang terbuka juga bisa diterapkan dengan menempatkan furnitur di dekat dinding dan mengosongkan area tengah ruangan. 

Baca juga: 5 Elemen Penting untuk Menciptakan Hunian Bergaya Industrial

Tampilkan dinding batu bata

Ide ruang tamu industrial lainnya yaitu menampilkan dinding batu bata yang unik dan cantik. Membiarkan dinding terbuka atau dicat dengan warna putih akan membuat tampilan dinding terlihat kontemporer dan halus. 

Jika tidak memiliki batu bata untuk ditampilkan, maka bisa menggunakan panel veneer batu bata atau bahkan memasang wallpaper bermotif batu bata. Cara ini akan menambahkan tekstur dan daya tarik di ruang tamu tersebut. 

Biarkan pipa paralon terlihat

Desain industrial biasanya tidak menutup pipa paralon, sehingga terlihat unik. Pipa paralon cocok dikombinasikan dengan dinding batu bata, 

Pipa paralon bisa dicat untuk menambah semburat warna di ruangan netral. Selain pipa paralon, pipa logam juga bisa ditampilkan pada ruang tamu industrial untuk menciptakan kontras menarik di dinding beton atau bata. 

Baca juga: 4 Ide Interior Rumah dengan Konsep Industrial

Gunakan lampu industrial

Ide ruang tamu industrial lainnya yaitu menggunakan lampu bergaya industrial. Lampu industrial biasanya memiliki warna cahaya kuning sedikit redup yang membuat ruangan terasa hangat. 

Lampu industrial dapat dipasang di langit-langit ruangan sebagai lampu gantung. Lampu ini dapat ditempatkan dalam sangkar kawat atau logam. 

Tampilkan palet warna netral

Ilustrasi ruang tamu kecil dengan cat dinding warna abu-abu lembut.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu kecil dengan cat dinding warna abu-abu lembut.

Ruangan bergaya industrial biasanya menggunakan palet warna netral. Warna ini membuat ruangan tetap sederhana dan cantik. 

Gabungkan warna netral, seperti abu-abu dengan aksen hitam dan putih dan material kayu, batu bata, atau kulit. Imbangi juga warna netral dengan warna cerah agar ruangan tidak terlalu dingin. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Bergaya Industrial yang Dapat Diterapkan di Rumah

Padukan material logam dan kayu

Terakhir, ide ruang tamu industrial yaitu memadukan material logam dan kayu. Dua material tersebut bisa ditampilkan di seluruh ruangan. 

Misalnya, menggunakan furnitur berbahan metal dengan lantai kayu. Selain itu, bisa juga menggunakan aksen logam di dinding berpanel kayu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com