Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengeringkan Tanaman Herbal dan Menyimpannya agar Tahan Lama

Kompas.com - 29/04/2024, 10:53 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman herbal di rumah memberikan sejumlah manfaat, salah satunya bisa digunakan untuk masakan. 

Namun, untuk bisa digunakan lebih lama, perlu mengeringkan tanaman herbal. Salah satu cara paling sederhana dan hemat mengeringkan tanaman herbal adalah menggunakan udara. 

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Cantik dan Harum untuk Dekorasi Rumah

Meski membutuhkan waktu lama, cara ini paling baik untuk mempertahankan rasa tanaman herbal.

Dilansir dari The Spruce, Senin (29/4/2024), berikut sejumlah cara mengeringkan tanaman herbal.

Sebelum mengeringkan tanaman herbal 

Ilustrasi tanaman herbal.Shutterstock/Olga Miltsova Ilustrasi tanaman herbal.
Mengeringkan tanaman herbal dengan udara paling cocok untuk tanaman yang tidak memiliki kadar air tinggi, seperti bay, dill, angelica, marjoram, oregano, rosemary, summer savory, dan thyme.

Untuk mempertahankan rasa terbaik dari tanaman herba ini, biarkan tanaman mengering secara alami atau menggunakan alat masakan. 

Microwave atau oven dengan suhu rendah mungkin tampak seperti jalan pintas yang mudah, tetapi sebenarnya keduanya memasak tanaman herba sampai tingkat tertentu sehingga mengurangi kandungan minyak dan rasa.

Gunakan peralatan microwvae dan oven hanya sebagai pilihan terakhir.

Jika ingin mengawetkan tanaman herbal berkadar air tinggi, seperti kemangi, daun bawang, mint, dan tarragon, Anda dapat mencoba mengeringkannya dengan microwave. 

Namun, untuk mempertahankan rasa terbaik, pertimbangkan membekukannya, bahkan cara ini lebih cepat daripada mengeringkan. 

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Dapat Membasmi Serangga di Rumah

Waktu tepat memanen tanaman herbal untuk dikeringkan

Panen tanaman herba sebelum berbunga untuk mendapatkan rasa yang maksimal. Jika telah memanen cabang sepanjang musim, tanaman herbal mungkin tidak akan pernah berbunga.

Namun, pada akhir musim panas, tanaman herbal yang belum berbunga pun akan mulai berkurang seiring cuaca dingin. Ini saat tepat mulai memanen dan mengeringkan tanaman herbal.

Potong cabang pada pagi hari, lalu biarkan embun pagi mengering dari dedaunan, tetapi petiklah sebelum tanaman layu di bawah sinar matahari sore.

Jangan memotong seluruh tanaman herbal, kecuali Anda berencana menanamnya kembali. Anda tidak boleh memotong lebih dari 2/3 atau mencabut lebih dari 1/3 cabang tanaman sekaligus.

Setelah dikeringkan dan disimpan dalam wadah kedap udara, tanaman herbal akan mempertahankan rasa enak hingga satu tahun. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Tanaman Herbal di Dalam Ruangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com