Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2024, 18:25 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air menjadi faktor penting yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh subur. Namun, setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda.

Beberapa tanaman membutuhkan banyak air untuk tetap hidup, sementara tanaman lainnya bisa mati jika terlalu banyak diberi air. 

Baca juga: 8 Tanaman Herbal yang Dapat Ditanam di Dalam Ruangan

Maka itu, penting memperhatikan menyiram tanaman serta mengetahui kebutuhan air setiap tanaman. 

Namun, ada hal yang tak kalah penting dalam menyiram tanaman, yakni waktu penyiraman. Waktu menyiram tanaman yang salah dapat menghambat pertumbuhan tanaman, bahkan membuat mati. 

tanaman Selain memperhatikan kebutuhan air masing-masing tanaman, ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam menyiram tanaman, seperti usia tanaman, kualitas tanah, dan kondisi iklim. 

Selain itu, penting memperhatikan durasi menyiram tanaman, apakah sekali sehari atau dua kali sehari?

Nah, dikutip dari Better Homes and Gardens, Jumat, (3/5/2024), berikut waktu terbaik menyiram tanaman

Baca juga: Bolehkah Menyiram Tanaman pada Malam Hari?

Waktu terbaik menyiram tanaman luar ruangan

Ilustrasi menyiram tanaman sayur.Shutterstock/Rawpixel.com Ilustrasi menyiram tanaman sayur.
Waktu terbaik menyiram tanaman di luar ruangan adalah pada pagi hari ketika suhu masih relatif sejuk. Hal ini memberi kesempatan bagi tanaman menyerap air dengan baik sehingga dapat bertahan lebih baik selama hari yang panas.

Selain itu, sore atau petang hari juga menjadi waktu terbaik menyiram tanaman. Namun, hindari menyiram tanaman pada malam hari karena daun yang basah dapat meningkatkan risiko penyakit.

Sebaiknya, memperhatikan kondisi tanaman saat menyiramnya. Lihat apakah tanaman mulai layu yang menandakan membutuhkan air 

Misalnya, jika tanaman terlihat layu saat Anda pulang kerja pada malam hari, jangan tunggu hingga pagi untuk menyiramnya.

Sebanyak, segera menyiram tanaman. Siram air pada tanah di sekitar akar tanaman, bukan menyiram daunnya agar air terserap baik oleh tanah. 

Baca juga: Bolehkah Menyiram Tanaman Bunga dengan Air Detergen?

Daun yang basah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit, terutama jika dilakukan pada malam hari atau saat cuaca dingin yang membuat penguapan air menjadi lambat.

Selain itu, jangan biarkan tanaman terlalu sering mengalami kelayuan karena dapat merusak tanaman serta membuatnya lebih rentan terhadap panas dan hama.

Jika Anda tidak dapat bangun pagi-pagi untuk menyiram tanaman, pertimbangkan  menggunakan sistem irigasi tetes atau selang air yang dapat mengatur waktunya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com