Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kesalahan Mendekorasi Ruang Kecil yang Harus Dihindari

Kompas.com - 14/04/2024, 20:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal di ruang kecil sering kali merepotkan dan menyulitkan dalam mendesain serta menata barang-barang lantaran keterbatasan lahan yang dimiliki.

Meski demikian, bukan berarti tidak bisa mendekorasi dan memperantik ruang kecil. Ruang kecil bisa menjadi sangat cantik jika menggunakan dekorasi yang sesuai dimensinya. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Ruang Kecil Terlihat Lebih Besar

Namun, perlu berhati-hati dan teliti dalam mendekorasi ruang kecil. Pasalnya, dekorasi yang salah dapat mempengaruhi tampilan dan nuansa ruangan. Ruang kecil bisa terlihat semakin sempit, padat, juga tidak menarik. 

Dengan mengetahui apa yang harus dihindari, dapat membuat ruang kecil tampak lebih besar tanpa harus memindahkan dinding serta bergaya. 

Disaru dari Real Homes, Minggu (14/4/20240, berikut sejumlah kesalahan mendekorasi ruang kecil yang harus dihindari menurut para desainer interior.

Mengabaikan skala

Ilustrasi ruang keluarga kecil.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga kecil.
Saat memilih furnitur untuk ruang kecil, mungkin mudah mengambil bagian paling indah  tanpa memikirkan bagaimana tampilannya nanti.

Janet Linly, desain interior senior dan CEO Marge Carson Furniture—perusahaan furnitur  internasional terkemuka—menyontohkan sebuah meja koktail kayu yang berbentuk bulat 106 sentimeter dengan alas kokoh hingga ke lantai akan terlihat lebih berat dan besar secara visual daripada meja koktail dengan ukuran sama, dengan kaca atau bagian atas cermin di kaki. 

Baca juga: 7 Ide Tempat Penyimpanan di Ruang Kecil, Hemat Lahan dan Tertata

Memilih furnitur kecil 

Selanjutnya, kesalahan mendesain ruang kecil yang harus dihindari adalah memilih furnitur kecil.

Meski mendekorasi ruang kecil, tidak harus hanya mengandalkan furnitur berukuran kecil.

"Banyak yang berpikir ketika mendekorasi ruang kecil, mereka membutuhkan perabot yang lebih kecil. Padahal, yang terjadi adalah sebaliknya," jelas Linly. 

Sebaiknya, memilih furnitur lebih besar dengan skala tepat untuk menciptakan ruang yang lebih megah dan sesuai.

Sebagai contoh, memilih sofa daripada beberapa kursi aksen,akan membuat ruang kecil terasa lebih penuh tanpa merasa terbatas. 

Baca juga: 4 Jenis Pintu yang Cocok untuk Ruang Kecil, Bikin Tampak Luas

Kurangnya kohesi 

Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit.
Ada begitu banyak gaya desain yang berbeda di luar sana, jadi tentu saja Anda ingin mencoba semuanya di rumah. Namun, menyatukan banyak ide bisa terlihat sangat berantakan.

Raf Michalowski, desainer interior dan pendiri Meble Furniture—salah satu peritel furnitur terbesar di Amerika Utara—mengatakan kesalahan lain yang sering dilihat adalah ketika orang memadupadankan gaya, warna, dan pola berbeda di ruang kecil sehingga menghasilkan tampilan yang kacau serta berlebihan.

Michalowski mencatat cara terbaik memperbaikinya adalah memilih satu gaya atau palet dan berpegang teguh pada gaya tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com