Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

Kompas.com - 13/04/2024, 21:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tanaman hias di rumah dapat menambahkan warna dan memberikan kehidupan. 

Sejumlah penelitian menunjukkan tanaman hias dapat mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, serta membuat ruangan lebih hidup.  

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Membawa Energi Positif di Pintu Depan Rumah

Tanaman hias biasa diletakkan di ruang keluarga dan ruang tamu. Namun, tanaman hias juga dapat diletakkan di kamar tidur

Namun, pastikan kamar tidur tidak terlalu lembap agar tanaman hias tidak mati. Selain itu, hindari menyiram tanaman hias secara berlebihan.

Letakkan tatakan tanaman dari plastik atau keramik di bawah tanaman hias untuk menjaga kelembapan agar tidak merusak permukaan karpet atau kayu. Hal terpenting adalah jangan membiarkan tanaman hias berada dalam genangan air. 

Ada banyak pilihan tanaman dengan perawatan mudah untuk kamar tidur.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Sabtu (13/4/2024), berikut sejumlah tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur. 

Palem parlor 

Ilustrasi tanaman hias parlor palm atau palem parlor. SHUTTERSTOCK/MARINA MESHCHERSKAIA Ilustrasi tanaman hias parlor palm atau palem parlor.
Palem parlor adalah tanaman hias untuk kamar tidur yang ideal karena lebih menyukai cahaya tidak langsung dan dapat tumbuh dengan kelembapan rumah rata-rata meski tumbuh paling baik dengan kelembapan tinggi. 

Jaga tanah tanaman tetap lembap secara merata, tapi jangan sampai basah atau basah kuyup. Saat menyiram tanaman, biarkan tanah hampir kering saat disentuh, lalu siram secara menyeluruh. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Mempercantik Ruangan

Lidah mertua 

Selanjutnya, tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur adalah lidah mertua. Tanaman hias ini adalah pemenang dalam hal perawatan.

Lidah mertua memiliki perawatan yang minim, bahkan dapat tetap hidup tanpa perawatan rutin.  

Tanaman lidah mertua memiliki daun yanh runcing berwarna hijau dengan garis-garis kuning. 

Fakta yang tidak banyak diketahui adalah tanaman lidah mertua secara teknis adalah tanaman sukulen sehingga dapat tumbuh subur di tempat dengan kelembapan rendah. 

Baca juga: Catat, Ini 8 Tanaman Hias Beracun yang Banyak Ditanam di Rumah

Anggrek

Ilustrasi tanaman anggrek.Shutterstock/AdaCo Ilustrasi tanaman anggrek.
Anggrek yang sedang mekar memancarkan ketenangan, menjadikannya tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur yang santai dan penuh gaya.

Anggrek ngengat, yang dinamai demikian karena kelopaknya yang mirip dengan sayap ngengat yang membulat, merupakan anggrek paling mudah tumbuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com