Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Lantai Kayu yang Membuat Ruangan Terasa Lebih Hangat

Kompas.com - 29/04/2024, 17:52 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai kayu banyak disukai karena bisa membuat ruangan terasa lebih nyaman. Material alami yang digunakan juga bisa membuat rumah terasa lebih hangat. 

Meski terbuat dari material alami, lantai kayu memiliki beragam pilihan warna yang membuat suasana rumah terasa lebih menyenangkan. 

Baca juga: Warna Lantai Kayu Terbaik Menurut Desainer Interior

Warna lantai kayu dipengaruhi oleh jenis kayu yang digunakan. DIkutip dari Apartment Therapy, Senin (29/4/2024), berikut ini beberapa pilihan warna lantai kayu yang membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman. 

Warna putih

Ilustrasi lantai kayu di dapurShutterstock/Sheila Say Ilustrasi lantai kayu di dapur

Salah satu warna yang cocok dipadukan dengan lantai kayu yaitu putih. Sarah Snouffer dari Third Street Architecture di Washington DC, mengatakan bahwa finishing berwarna putih yang menempel di atas kayu akan membuat tampilan lantai kayu terlihat semakin menarik. 

Selain menggunakan finishing berwarna putih, lantai kayu juga dapat dipadukan dengan dinding berwarna putih. Perpaduan lantai kayu dengan dinding putih membuat ruangan terasa lebih lapang. 

Baca juga: Ragam Warna Lantai Kayu yang Sesuai dengan Gaya Rumah

Cokelat muda

Selain putih, warna lantai kayu lainnya yang bisa membuat ruangan terasa lebih hangat yaitu cokelat muda. Cathleen Gruver, seorang desainer interior di Gruver Cooley, menyukai finishing lantai kayu berwarna cokelat muda. 

Menurutnya, warna ini paling serbaguna dan bisa meningkatkan estetika di dalam ruangan. Tak hanya itu, warna cokelat muda juga bisa memberikan kesan terbuka dan terang yang membuat ruangan terasa lebih luas. 

Warna emas

Lantai kayu dengan rona rmas juga banyak disukai. Warna ini menambah kesan modern di dalam ruangan. 

Warna emas juga bisa membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman. Padukan lantai kayu berona emas dengan karpet untuk menambah kesan hangat di dalam ruangan. 

Baca juga: Cara Mengatasi Warna Lantai Rumah yang Pudar

Warna kayu berona abu-abu

Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia dengan lantai kayuSHUTTERSTOCK/WH_DREAMER Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia dengan lantai kayu

Lantai kayu bernada abu-abu juga bisa membuat ruangan terasa lebih nyaman. Tracy Morris, seorang desainer mengatakan warna kayu berona abu-abu yang lebih terang dan hangat sangat cocok untuk dekorasi modern. 

Lantai bernada abu-abu cocok dikombinasikan dengan furnitur berwarna gelap atau ornamen dekorasi dari batu putih. 

Kesan kontras dari warna gelap atau putih membuat rumah terlihat semakin cantik. Warna ini cocok untuk rumah bergaya modern dan farmhouse

Baca juga: Cara Mengembalikan Warna Lantai Kayu dengan Cuka dan Sabut Baja

Warna gelap

Terakhir, warna lantai kayu lainnya yaitu warna gelap. Lantai berwarna gelap bisa memberikan kedalaman di dalam ruangan sekaligus bisa menyamarkan kotoran. 

Lantai berwarna gelap bisa digunakan pada berbagai gaya rumah mulai dari rumah bergaya abad pertengahan modern hingga kontemporer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com