Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2024, 17:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bak mandi merupakan perlengkapan kamar mandi yang fungsinya sangat penting. Bak mandi biasanya digunakan untuk menampung air atau berendam. 

Oleh karena itu, jika bak mandi bocor, maka bak mandi sudah tidak berfungsi dengan baik. Tapi tenang saja, karena bak mandi yang bocor masih bisa diperbaiki.  

Baca juga: Cara Membersihkan Bak Mandi agar Tidak Ada Noda Berkerak

Cara memperbaiki bak mandi yang bocor juga tidak sulit. Dikutip dari Normz Plumbing & Heating Service, Senin (29/4/2024), berikut cara memperbaiki bak mandi yang bocor dengan mudah dan cepat.

Identifikasi sumber kebocoranya

ilustrasi keran bak mandi bocorShutterstock/FotoDuets ilustrasi keran bak mandi bocor

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memperbaiki bak mandi yang bocor yaitu mencari sumber kebocorannya. Caranya bisa dengan memeriksa permukaan bak mandi untuk mencari tahu adanya retakan atau bagian yang pecah. 

Jika tidak ada tanda kerusakan, langkah berikutnya yaitu memeriksa kebocoran pada pipa dan saluran pembuangan. Apabila menemukan kebocoran, maka segera lakukan perbaikan. 

Baca juga: Penyebab Bak Cuci Piring Bocor dan Solusinya

Mematikan keran air

Keran yang mengalirkan air ke bak mandi perlu dimatikan terlebih dahulu sebelum memperbaiki bak yang bocor. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut. 

Setelah air dihentikan, maka proses perbaikan menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan demikian, bak mandi bisa segera digunakan. 

Lakukan perbaikan yang diperlukan

Jika ada retakan atau lubang di bak mandi, maka perlu lakukan perbaikan lebih lanjut menggunakan spoksi untuk mengisi celah tersebut. Setelah perbaikan selesai, tunggu sampai tambalan benar-benar kering. 

Apabila kebocoran berasal dari saluran pembuangan yang tidak rapat, maka keran perlu ditutup kembali sampai rapat. Oleskan dempul di sekitar saluran pembuangan dan ratakan dengan jari. Tunggu 24 jam sampai dempul kering. Jangan nyalakan keran sampai dempul benar-benar kering. 

Baca juga: 5 Bagian Rumah yang Rentan Bocor

Cek kebocoran setelah perbaikan

ilustrasi bak mandiShutterstock/Japan_room ilustrasi bak mandi

Setelah semua cara memperbaiki bak mandi bocor sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya yaitu mengecek kondisi bak mandi setelah perbaikan. 

Mulailah dengan menyalakan air dan membiarkannya mengalir di dalam bak mandi selama beberapa menit. Amati kondisi kondisi bak mandi, jika sudah tidak ada air yang menetes atau mengalir ke luar bak mandi, maka artinya kebocoran bak mandi sudah teratasi. 

Jika ada bagian yang dilepas saat memperbaiki bak, maka saat ini waktu yang tepat untuk mengembalikannya ke tempat semula. Setelah semua bagian terpasang sempurna, bak mandi sudah bisa digunakan kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com