Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Lecet di Lantai Kayu Agar Kembali Mulus

Kompas.com - 27/12/2023, 12:44 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai kayu banyak disukai karena bisa membuat tampilan rumah terlihat estetik, hangat, dan nyaman. Selain itu, motif dan warna lantai kayu juga bisa menghadirkan suasana alami di dalam rumah.

Meski terlihat cantik dan menarik, bukan berarti lantai kayu tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan lantai kayu yaitu mudah lecet.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Cat dari Lantai Kayu dengan Lemon

Jika lantai sering dilalui dan terjadi pemindahan furnitur, maka risiko lecet semakin besar. Apabila tidak diatasi, maka tampilan lantai akan terlihat kurang menarik.

Namun, tak perlu risau karena ternyata ada beberapa produk rumah tangga yang bisa digunakan untuk menghilangkan lecet di lantai kayu.

Dikutip dari Love to Know, Rabu (27/12/2023), berikut ini cara mengatasi lecet di lantai kayu agar kembali mulus.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Goresan dari Lantai Kayu

Penghapus pensil dari karet

Ilustrasi lantai kayu di ruang keluargaShutterstock/Pinkystock Ilustrasi lantai kayu di ruang keluarga

Penghapus pensil dari karet merupakan salah satu alat sekolah yang mudah dijumpai. Selain digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran, penghapus pensil juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan lecet di lantai kayu.

Selain penghapus karet biasa, ada juga penghapus karet yang secara khusus digunakan untuk membersihkan lantai kayu. Cara menggunakannya cukup menggosok penghapus karet ke permukaan lantai yang lecet.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa bahan ini bisa menyebabkan lapisan pelindung menjadi kusam, sehingga sebaiknya tidak digunakan terlalu sering.

Baca juga: Plus Minus Lantai Kayu dan Vinil, Mana Lebih Baik?

Pasta gigi atau soda kue

Cara mengatasi lecet di lantai kayu juga bisa menggunakan pasta gigi atau soda kue. Dua bahan pembersih tersebut memiliki sifat abrasif yang ringan, sehingga bisa menghilangkan lecet di lantai tanpa merusak.

Gunakan kain bersih dan lembap atau sikat gigi bekas yang telah dibasahi untuk mengoleskan soda kue atau pasta gigi ke lantai kayu.

Selanjutnya, gosok lantai secara perlahan mengikuti serat kayu. Setelah itu, bersihkan sisa pasta gigi atau soda kue agar tidak meninggalkan residu di lantai.

Baca juga: Mengapa Lantai Kayu Tampak Kusam? Ini 7 Penyebabnya

Gunakan pembersih lantai khusus untuk kayu

Selain menggunakan pasta gigi atau soda kue, untuk menghilangkan lecet di lantai kayu juga bisa dengan mengoleskan bahan pembersih lantai kayu.

Gunakan kain bersih dan lembut untuk mengoleskan bahan pembersih khusus ini ke area yang lecet. Jika bekas lecetnya terlalu dalam, maka perlu untuk menggunakan produk lanjutan berupa concealer untuk menutup lubang akibat goresan.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi lecet di lantai kayu. Perlu dipahami bahwa risiko lantai lecet bisa terjadi kapan saja, maka dari itu penting untuk melakukan perawatan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan di lantai kayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com